Pemkab Kuningan Bangun Perumahan Untuk Relokasi Warga Korban Longsor

By : BingkaiWarta - BingkaiWarta, 2017-01-24 16:42:06+07

Pemkab Kuningan Bangun Perumahan Untuk Relokasi PS.jpg

Warga yang terdampak bencana pergeseran tanah di Dusun Cimeong, Desa Cilayung, Kecamatan Ciwaru, Kabupaten Kuningan masih berada di pengusian yang berlokasi di SD Cilayung (sumber BPBD Kuningan)

 

Kuningan – Pemerintah Kabupaten Kuningan melalui Dinas Perumahan, Pemukiman dan Pertanahan akan segera meyediakan sarana dan prasarana relokasi pemukiman korban bencana tanah longsor di Dusun Cimeong, Desa Cilayung, Kecamatan Ciwaru, pada malam pergantian tahun, atau Minggu (1/1).

Kepala Dinas Perumahan, Pemukiman, dan Pertanahan Kabupaten Kuningan M. Ridwan Setiawan menyebutkan, pihak Pemkab Kuningan telah mempersiapkan relokasi untuk 58 kepala keluarga (KK), atau 58 rumah warga Dusun Cimeong, Desa Cilayung yang terkena dampak musibah pergeseran tanah.

“Kami sudah melakukan koordinasi dengan pihak propvinsi untuk segera merelokasi warga Dusun Cimeong, Desa Cilayung, yang tempat tinggalnya mengalami kerusakan akibat bencana tanah longsor,” tutur Ridwan kepada BINGKAI WARTA, Selasa (24/1).

Menurut Ridwan, relokasi itu dilakukan mengingat warga yang terdampak longsor tidak mungkin bisa kembali ke rumah asal mereka, karena dari hasil kajian instansinya, keputusan Badan Geologi, bahwa area tanah di Dusun Cimeong tidak layak lagi untuk dijadikan tempat tinggal warga.

“Struktur tanah dan tata ruang Dusun Cimeong saudah tidak memungkinkan untuk dijadikan sebagai lokasi hunian warga, karena selain labil, kondisi berbukit dengan kemiringan yang lumayan tajam, kami anggap sangat rawan mengundang bencana longsor,” ujarnya.

Sebagai langkah antisipasi relokasi, kata Ridwan, pihak Pemkab Kuningan telah mempersiapkan lahan yang labih aman, dan tak jauh dari tempat asal mereka, yakni di Dusun Ciendog, Desa Cilayung, “Di lahan ini kami akan bangunkan 58 rumah tipe 36, atau sesuai dengan jumlah KK yang rumahnya terdampak bencana longsor tersebut,” katanya.

Ridwan menambahkan, selain untuk warga Dusun Cimeong, pihaknya juga saat ini tengah mengerjakan 7 rumah untuk relokasi warga yang menjadi korban bencana di Desa Padamulya, Kecamatan Maleber, serta mempersiapkan pengerjaan 6 rumah untuk warga Desa Pamulihan, Kecamatan Cipicung.

Namun demikian, dirinya belum bisa menyebutkan berapa total kebutuhan dana yang akan di alokasikan untuk penanggulangan rencana itu, karena masih dalam tahap koordinasi dengan pihak provinsi, “Yang terpenting sekarang, jangan sampai kita tidak bisa mencapai atau tidak bisa memberikan pertolongan ke tempat yang jelas-jelas membutuhkan,” pungkas Ridwan. (Elly Said)

3 years ago, by BingkaiWarta
Category : BERITA PILIHAN, SOSPOLHUKAM

Kontak Informasi BingkaiWarta.com

Redaksi : redaksi[at]bingkaiwarta.com
Iklan : iklan[at]bingkaiwarta.com











Berita Terkini

Categories