1,040
Thursday, 10 June 2021 18:57 (5 hari yang lalu)    Tulis Komentar

Pemkab Kuningan Dukung Pengolahan Energi Panas Bumi di Gunung Ciremai

Pemkab Kuningan Dukung Pengolahan Energi Panas Bumi di Gunung Ciremai

Bingkaiwarta, KUNINGAN - Pemerintah Kabupaten Kuningan mendukung sepenuhnya eksplorasi panas bumi yang akan dilakukan oleh pemerintah Pusat melalui Kementrian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Republik Indonesia di kawasan Gunung Ciremai. 

Hal tersebut disampaikan oleh Bupati Kuningan, H. Acep Purnama melalui Sekretaris Kabupaten Kuningan, Dr. H. Dian Rachmat Yanuar dalam rapat Penjelasan Tekhnis Pelaksanaan Kegiatan Survey 3 G (Geologi, Geofisika, dan Geokimia) bersama Kementrian ESDM RI serta Bagian Perekonomian dan SDA Setda Kabupaten Kuningan, di Ruang Rapat Linggajati Setda Kuningan, Kamis (10/6/2021). 

Dian meminta tim dari Kementrian ESDM untuk dapat memberikan kejelasan secara tekhnis mengenai tahapan penelitian pengembangan panas bumi di Kabupaten Kuningan khususnya wilayah Gunung Ciremai. 

"Selain itu, saya berharap dukungan dari seluruh stake holder untuk kegiatan hari ini, yang kedepanya dapat dirasakan kesejahteraan oleh masyarakat," imbuhnya. 

Sementara itu, Koodinator Pelayanan dan Bimbingan Usaha Panas Bumi Kementrian ESDM RI, Edi Indiarto menjamin pemanfaatan energi panas bumi dapat mengurangi ketergantungan pada bahan bakar minyak sebagai sumber tenaga listrik. 

"Kebijakan pemanfaatan energi geotermal yang dilakukan secara serius dapat mengatasi krisis listrik di Indonesia. Selain itu, sangat ramah lingkungan dan dapat berdampingan dengan aktivitas masyarakat sekitar," jelas Edi. (rmdty)

Gunung ciremai Bupati kuningan Kementrian esdm

Komentar

Berita Terkait