Pemkab Kuningan Luncurkan Kampung Literasi

By : BingkaiWarta - BingkaiWarta, 2017-08-12 21:06:27+07

Pemkab Kuningan PS.jpg

Penandatanganan prasasti Kampung Literasi TBM Hipapelnis, di Desa Kalimanggis Kulon, Kecamatan Kalimanggis, Kabupaten Kuningan, kemarin.

 

Kuningan - Bupati Kuningan diwakili Sekda Kabupaten Kuningan, Yosep Setiawan, canangkan Gerakan Indonesia Membaca (GIM) dan launching Kampung Literasi di Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Hipapelnis Desa Kalimanggis Kulon, Kecamatan Kalimanggis, Kabupaten Kuningan, kemarin.

Bupati Kuningan, dalam sambutannya yang dibacakan oleh Sekda Kabupaten Kuningan, Yosep Setiawan mengatakan bahwa atas nama Pemerintah Kabupaten Kuningan mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi kepada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kuningan yang bekerja sama dengan TBM Hipapelnis atas terselenggaranya pencanangan GIM dan Kampung Literasi ini.

“Gerakan ini sangat penting. Kami mengajak semua lapisan masyarakat untuk berpartisipasi dalam menyukseskan Gerakan Indonesia Membaca, khususnya di Kabupaten Kuningan,” kata Yosep.

Pemerintah Kabupaten Kuningan sangat mendukung program GIM dalam hal ini melalui pencanangan Kampung Literasi di Desa Kalimanggis Kulon Kecamatan Kalimanggis.

Yosep melanjutkan bahwa membaca adalah jendela dunia. Oleh karena itu, kata dia, minat baca masyarakat haruslah didorong dan dikembangkan, sehingga mereka lebih berpengetahuan, berbudaya, maju, dan mandiri. Salah satu upaya untuk menumbuhkan minat baca adalah program Gerakan Indonesia Membaca.

“Dengan adanya program ini melalui pencanangan “Kampung Literasi” dapat membangkitkan dan meningkatkan minat baca masyarakat sebagai tahapan terwujudnya budaya baca, khususnya di Kabupaten Kuningan,” ucap Yosep.

Sementara, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kuningan, Dian Rahmat Yanuar, mengatakan bahwa pihaknya bersama-sama dengan komunitas literasi akan menyiapkan pojok-pojok baca ditiap desa, PAUD, Sekolah Dasar, Sekolah Menengah, dan membentuk kader literasi.

Serangkaian kegiatan tersebut diharapkan dapat mewujudkan tekad masyarakat dalam meningkatkan minat membaca, “Hal ini juga sebagai bukti bahwa Pemkab Kuningan melalui dinas pendidikan dan kebudayaan ikut membantu dan mendukung program pengembangan budaya baca pada masyarakat,” kata Dian.

Dalam acara tersebut, Sekda Kuningan, Kepala Dinas Pendidikan dan kebudayaan, Ditjen PAUD dan DIKMAS Kemendikbud RI seta Kepala Desa Kalimanggis Kulon membubuhkan tanda tangan pada prasasti Kampung Literasi TBM Hipapelnis yang kemudian diserahkan kepada ketua TBM Hipapelnis, serta pemberian bantuan buku bacaan dari Kemendikbud RI yang diserahkan oleh Ditjen PAUD dan DIKMAS Haris Iskandar yang disaksikan oleh Bunda PAUD Hj. Ika Acep Purnama serta para tamu undangan lainnya. (Elly Said)

4 months ago, by BingkaiWarta
Category : BERITA PILIHAN, PENDIDIKAN

Kontak Informasi BingkaiWarta.com

Redaksi : redaksi[at]bingkaiwarta.com
Iklan : iklan[at]bingkaiwarta.com










Berita Terkini

Categories