286
Monday, 29 June 2020 20:05 (1 minggu yang lalu)    Tulis Komentar

Pencak Silat Mendapat Tempat Khusus Dikalangan TNI

Pencak Silat Mendapat Tempat Khusus Dikalangan TNI

Bingkaiwarta, KUNINGAN - Dalam rangka pembinaan terhadap generasi muda dan ajang untuk mencari bibit-bibit terbaik melalui seni bela diri pencak silat yang ada di wilayah Kodim 0615 Kuningan, Dandim 0615 Kuningan Letkol Czi Karter Zoyi Lumi menyatakan jika pihaknya dalam waktu dekat akan menggelar kompetisi kejuaraan seni bela diri pencak silat.

"Insya Allah, nanti kedepannya kita akan membuat kompetisi dalam waktu dekat setelah kegiatan kita normal," kata Dandim Karter Joy usai acara Komsos Kreatif, Senin (29/6/2020).

Dandim Kuningan menjelaskan alasan  pencak silat masuk UNESCO karena seni dan budayanya. Bukan karena turnamennya, bukan karena jurusnya. "Tapi karena seni dan budayanya. Itu yang akan menjadi penilaian kita nanti. Kita sudah sepakat dengan Ketua IPSI Kabupaten Kuningan dan yang lainnya untuk mengadakan kompetisi seni bela diri pencak silat," jelasnya.

silat

Ia mengungkapkan jurus-jurus yang dipergakan dalam ajang Komsos Kreatif tadi sudah mengarah ke bela diri murni. Tidak ada lagi ciri khas silat disitu. "Ini yang perlu kita ramu bersama bagaimana tentang penilaiannya nanti. Sedangkan ciri khas silat disitu kan ada tariannya, estetikanya, keindahannya. Bagaimana keindahan gerakan, karena disitu ada nilai-nilai histori budaya.Itu yang harus kita lihat nanti pada saat kompetisi khusus Kuningan," terangnya.

Ketua IPSI Kabupaten Kuningan Dr. Ukas Suharfaputra menyambut baik dengan agenda Kodim 0615 Kuningan yang akan menggelar kompetisi reguler yaitu kompetisi yang teratur dan berkelanjutan.  

"Saya sangat mengapresiasi kegiatan yang digelar oleh Kodim 0615 Kuningan. Karena, baru pertama kali ini Kodim Kuningan memberikan ruang kepada kita untuk bisa bersinergi," ujar Ukas.

Ia menambahkan, "Seperti yang Pak Dandim katakan, bahwa pencak silat menjadi salah satu olah raga bela diri yang mendapat tempat khusus di kalangan TNI. Mudah-mudahan Pak Dandim bisa menjadi salah satu orang tua kami di persilatan demi perkembangan silat ke depan," imbuhnya.

Dengan adanya perhatian dari Dandim 0615 Kuningan, ia meyakini bahwa ini adalah momentum yang baik untuk mengembangkan pencak silat di Kabupaten Kuningan. "Ini motivasi untuk kita, mendorong semangat kita agar lebih meningkatkan prestasi kita baik dalam silat laga maupun dalam silat seni," tegasnya.

Ukas berharap agar semua pesilat bisa meningkatkan semangat latihannya di padepokannya masing-masing. Karena, kesempatan untuk berekspresi kedepan itu insya allah semakin terbuka.

"Kesempatan untuk menampilkan kapasitas dan kemampuan prestasi itu semakin terbuka baik itu di level laga maupuan di leval seni. Perkuat terus, tingkatkan intensitas latihan, keluarkan kemampuan yang terbaik dari setiap paguron untuk pengembangan silat di Kabupaten Kuningan," pungkasnya. (Abel Kiranti)

pembinaan generasi muda seni bela diri pencak silat Kodim 0615 Kuningan UNESCO

Komentar

Komentar telah di non-aktifkan untuk postingan ini

Berita Terkait