Per 1 April, PNS Harus Memakai Tanda Pangkat Pada Seragam

By : BingkaiWarta - BingkaiWarta, 2018-04-02 21:37:36+07

plt desem.jpg

Plt Bupati Kuningan, Dede Sembada, ST.

 

Kuningan - Dalam rangka reformasi birokrasi, Pemerintah Kabupaten Kuningan menekankan seluruh PNS untuk memakai tanda pangkat jabatan pada pakaian seragam PNS per 1 April 2018.

Ketentuan itu diatur oleh Permendagri nomor 60 tahun 2007, sebagaimana diubah dengan ketentuan Permendagri nomor 6 tahun 2016. Dimana tertulis bahwa atribut seragam PNS meliputi salah satunya yaitu tanda pangkat dan jabatan.

Dalam jumpa pers, Senin (02/04/2018), Plt Bupati Kuningan, Dede Sembada, ST., menjelaskan bahwa penekanan itu dalam rangka meningkatkan kewibawaan dan menertibkan tanda pengenal golongan pangkat yang ada si struktural dan fungsional.

"Jadi dari situlah yang membedakan mana yang PNS mana yang bukan PNS. Kita menekankan hal ini sangat penting karena berkaitan dengan masalah disiplin PNS," jelasnya.

Karena, menurut Dede, masalah disiplin PNS bukan hanya dari sisi tingkah laku atau prilaku. Akan tetapi dari sisi pakaian atau seragam harus disiplin. Dan itu sesuai dengan ketentuan PP 53 tahun 2010 tentang disiplin PNS.

"Sehingga dengan demikian kami merasa hal ini sesuai dengan ketentuan Permendagri No. 60 tahun 2007. Sebagaimana diubah dengan ketentuan Permendagri No. 06 tahun 2016. Dimana di Pasal 13 (b) atribut pakaian dari PNS harus memakai tanda pangkat," ujarnya.

Adapun yang mengatur tanda pangkat kepala daerah beserta kepala desa diatur khusus dengan ketentuan Permendagri nomor 80 tahun 2016.

"Jadi apa yang kita lakukan ini bukanlah gaya-gayaan atau dalam rangka semi militer. Tidak. Ini kita lakukan dalam rangka menertibkan PNS, sekaligus dalam rangka menerapkan pola karir ke depan. Ini satu paket. Jadi ada regulasi yang mengatur Perbup tentang Pola Karir dan Perbup yang mengatur tanda pangkat," sebutnya.

Dede berharap di birokrasi kedepan ada benteng yang tidak bisa ditembus. Karena seseorang untuk menduduki tanda pangkat itu harus ada syarat jabatan/golongan dua memenuhi atau tidak memenuhi.

"Jadi kalau misal golongan duanya tidak memenuhi, jangan memaksakan diri dengan cara mendekati pimpinan untuk melakukan pendekatan-pendekatan. Sehingga mengorbankan PNS yang lainnya," tandasnya. (Abel Kiranti)

 

8 months ago, by BingkaiWarta
Category : BERITA PILIHAN, SOSPOLHUKAM, PENDIDIKAN

Kontak Informasi BingkaiWarta.com

Redaksi : redaksi[at]bingkaiwarta.com
Iklan : iklan[at]bingkaiwarta.com




























Berita Terkini

Categories