Peringati Hari Kemerdekaan, Warga Cidahu Gelar Lomba Layang-layang

By : BingkaiWarta - BingkaiWarta, 2017-08-10 22:42:13+07

Peringati Hari Kemerdekaan PS.jpg

Kompetisi laying-layang “Peteng” di Desa Cihideung Hilir, Kecamatan Cidahu, berlangsung selama 3 hari, Rabu-Jum’at (9-11/8/2017).

 

Kuningan – Banyak cara unik yang dilakukan warga untuk memeriahkan peringatan hari kemerdekaan RI ke 72. Seperti halnya yang dilakukan puluhan masyarakat Desa Cihideung Hilir, Kecamatan Cidahu, menggelar lomba layang-layang ukuran besar atau yang mereka bilang layangan Petengan, Rabu-Jum’at (9-11/8/2017).

Seperti yang terlihat di Lapangan Sepak Bola Hegarmanah, puluhan layang-layang besar beraneka ragam bentuk dan tema menghiasi langit sore di Desa Cihideung Hilir. Mulai dari bentuk barong Bali, ular, garuda, kupu-kupu hingga bentuk kapal perahu ditampilkan dalam lomba tersebut.

Bahkan peserta yang mengikuti lomba pun tidak hanya warga Cihideung karena ada juga  peserta lomba yang berasal dari daerah di luar Kecamatan Cidahu yang turut serta memeriahkan festival sekaligus hiburan masyarakat yang digelar setahun sekali itu.

Menurut ketua panitia lomba, Dedi Rasmadi, terselenggaranya lomba layang-layang ini sebagai ajang kompetisi para penghobi layang-layang yang banyak digandrungi oleh warga Cidahu, mulai dari anak-anak hingga dewasa. Selama ini, kata dia, kesenangan warga terhadap layang-layang hanya disalurkan sekadar untuk mengisi waktu luang tanpa menghasilkan apa-apa.

“Saya sangat mengapresiasi kreativitas para pemuda membuat layang-layang berukuran besar dengan tema dan motif yang membanggakan. Oleh karena itu saya berinisiatif untuk mengumpulkannya untuk dilombakan, dimana yang paling bagus akan mendapatkan hadiah menarik,” kata Dedi.

Sementara itu, ada beberapa kategori penilaian dalam lomba layang-layang tersebut. Diantaranya unsur seni, keindahan, proses layang- layang ketika start, mengudara hingga saat proses pendaratan. Selain itu, lanjut dia, suara yang ditimbulkan dari peteng juga memiliki nilai point cukup tinggi, dimana bisa mengantarkan pemiliknya sebagai juara.

Edi, salah satu peserta lomba mengatakan, dirinya menciptakan layang-layang selain karena hobi, Ia juga berharap layang-layangnya menang dalam lomba. Karena jika menang biasanya dirinya akan kebanjiran order, bahkan ada pula yang berani beli dengan harga tinggi. (Tatang Budiman)

13 days ago, by BingkaiWarta
Category : BERITA PILIHAN, PERNIK, SENI & BUDAYA

Kontak Informasi BingkaiWarta.com

Redaksi : redaksi[at]bingkaiwarta.com
Iklan : iklan[at]bingkaiwarta.com



Berita Terkini

Warga Adat Sunda Wiwitan Tetap Tolak Eksekusi
8 hours ago, by : BingkaiWarta
Pengurus LSM Penjara Dikeroyok Ormas
11 hours ago, by : BingkaiWarta
Agenda Study Banding Wakil Rakyat Dikritik
12 hours ago, by : BingkaiWarta
Bupati Kuningan Lepas Calon Jemaah Haji Kloter 86
14 hours ago, by : BingkaiWarta

Categories