Perjuangan Sarmin Dalam Hidup Sehari-Harinya

By : BingkaiWarta - BingkaiWarta, 2017-05-28 16:29:04+07

Perjuangan Sarmin Dalam Hidup Sehari-Harinya.jpg

Sarmin tengah memotong rumput untuk memberi pakan kambing di sebuah kebun Dusun Pahing Desa/Kecamatan Cilimus, Kabupaten Kuningan, Minggu (28-5-2017).

 

Kuningan – Sarmin, 76, lelaki tua renta yang tinggal seorang diri di sebuah gubug yang berada di tengah sawah. Nafasnya tersengal-sengal kala berbincang.

"Mungkin karena sudah tua, nafas saya begini," kata Sarmin kepada BINGKAI WARTA, Minggu (28-5-2017).

Sarmin sudah puluhan tahun menghuni tempat tinggal tidak layak huni yang berada di tengah-tengah sawah Dusun Pahing Desa/Kecamatan Cilimus, Kabupaten Kuningan. Walaupun ia bisa saja tinggal bersama anak-anaknya yang berada di sekitar Desa Cilimus, namun ia memilih tinggal sendiri saja.

“Kalau sendiri itu enak tidak berisik, nyaman, dan tentram, tapi saya juga sambil menunggu 20 ekor kambing milik orang lain dan beberapa milik saya sendiri,” ucapnya.

Sebelum mendirikan hunian ala kadarnya yang memprihatinkan, Sarmin dahulu memiliki rumah permanen yang letaknya tidak terlalu jauh dari tempat tinggal sekarang. Tetapi derita Sarmin mulai hinggap saat ditinggalkan oleh mendiang istrinya.

Ia memiliki 6 orang anak yang keempat anaknya berada di luar kota, bahkan ada yang di luar provinsi seperti di Papua, dan kedua anaknya masih satu kampung dengan Sarmin, tetapi dirinya tidak seatap dengan kedua anaknya tersebut dengan alasan lebih nyaman sendiri.

Membersihkan kebun, membantu petani di sawah, dan menernak kambing milik orang lain, dan hanya sebagian milik pribadinya, akan tetapi itu merupakan mata pencaharian sehari-harinya untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Sedangkan penghasilan ia sehari-hari paling besar hanya Rp 60 ribu, walaupun sudah berumur tua, semangat dan pantang menyerah yang diperlihatkannya, dijadikan tekad dalam menjalankan kehidupan sehari-harinya

“Anak-anak saya juga sering ngasih kok, tapi saya juga bekerja untuk kebutuhan sehari-hari paling besar mendapat Rp. 60 ribu. Tapi kadang-kadang ada juga sih yang ngasih,” ujar Sarmin.

Apalagi di bulan suci Ramadhan, dimana orang lain enggan melakukan pekerjaan berat, justru sebaliknya, malahan Sarmin mencari rumput untuk pakan kambing, walaupun terlihat tubuhnya yang basah akibat memotong rumput hingga hampir seharian penuh, dan nafasnya yang tersengal-sengal, tak menyurutkan semangatnya demi memenuhi kebutuhan sehari-harinya.

Dengan demikian, mencari rumput adalah aktivitas sehari-harinya selain membantu para petani. Kemudian dirinya berharap di usia yang sudah tua ini masih bisa memberikan manfaat kepada orang lain, dan selalu diberikan kesehatan agar bisa beraktivitas sebagaimana mestinya. (Riki Ramadhan)

2 years ago, by BingkaiWarta
Category : BERITA PILIHAN, PERNIK, POTRET

Kontak Informasi BingkaiWarta.com

Redaksi : redaksi[at]bingkaiwarta.com
Iklan : iklan[at]bingkaiwarta.com











Berita Terkini

Categories