268
Thursday, 17 September 2020 21:08 (1 bulan yang lalu)    Tulis Komentar

Persatuan Pengusaha Pasar Malam Indonesia (P3MI) Resmi di Lantik

Persatuan Pengusaha Pasar Malam Indonesia (P3MI) Resmi di Lantik

Bingkaiwarta, KUNINGAN - Bupati kuningan H. Acep Purnama resmi melantik pengurus DPC Persatuan Pengusaha Pasar Malam Indonesia (P3MI) Kabupaten Kuningan di Gedung Kantor Sub UPB Darma, Kamis (17/9/2020). Turut hadir dalam acara tersebut Wakil Bupati Kuningan H. M Ridho Suganda, Kepala Dinas Koperasi, Kades dan Camat Darma, DPP P3MI Ketua DPD P3MI Jawa Barat beserta jajaran, Ketua DPC P3MI Kabupaten Kuningan, Ketua Panitia Deklarasi Dan Pelantikan Pengurus DPC P3MI Kabupaten Kuningan dan undangan lainnya.

Ketua panitia penyelenggara, Manaf Suharnaf menyampaikan, P3MI atau para pedagang pasar malam sudah 6 bulan ekonominya mengalami penurunan dimasa pandemi Covid-19. Dengan keadaan ekonomi yang tidak stabil ini, Ia meminta kepada pimpinan daerah Kabupaten Kuningan beserta jajaran untuk menghidupkan perekonomian para pedagang P3MI karena dengan begitu keadaan ekonomi mereka akan stabil kembali. Berdasarkan hasil survey di Kabupaten Kuningan terdapat kurang lebih 624 pedagang pasar malam.

"Kami mohon bantuan dan arahan dari kepala daerah Kabupaten Kuningan untuk memberikan ijin kegiatan pasar malam khususnya di wilayah Kecamatan Darma dengan tetap menerapkan protokol kesehatan," kata Manaf.

Ketua umum P3MI H. Agus Chandra menuturkan, tujuan dari pembentukan P3MI yaitu dapat memberikan manfaat serta memberikan dampak bagi daerah dalam rangka meningkatkan ekonomi kerakyatan. "Organisasi ini adalah organisasi profesi usaha yang terdiri dari para pengusaha wahana, event organizer, para pedagang pasar malam, serta para pedagang yang menetap," tuturnya.

Agus berpesan kepada ketua pelaksana atau DPC dalam pelaksanaan kegiatan ini, untuk tidak memaksakan diri dalam daerah zona merah terkecuali untuk daerah zona hijau yang telah diberikan izin oleh pemerintah untuk melakukan kegiatan tersebut dan tetap mematuhi protokol kesehatan. Hal ini dapat membantu pemerintah untuk saling bahu membahu dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

"Kegiatan pasar malam dapat dibantu oleh pemerintah daerah dan perizinan dari Kapolres Kabupaten Kuningan serta masyarakat setempat agar pelaksanaan pasar malam ini dapat berjalan dengan aman dan terkendali," ungkapnya.

Sementara itu, Bupati Kuningan menyampaikan ucapan selamat kepada seluruh pengurus DPC P3MI Kabupaten Kuningan yang telah dilantik. Kehadiran pengurus DPC P3MI ini merupakan sarana untuk memperjuangkan kepentingan para pengusaha pasar malam yang memiliki rasa tanggung jawab atas kelangsungan usaha pasar malam.

"Pada masa pandemi Covid-19, para pelaku usaha pasar malam terkena dampaknya sehingga untuk sementara waktu harus menghentikan kegiatan usahanya. Kontribusi para pedagang ini dalam membangun Kabupaten Kuningan dapat dikatakan cukup besar," kata Bupati Acep.

Namun karena Kuningan kembali masuk kedalam zona kuning, bupati menghimbau kepada pengurus P3MI Kabupaten Kuningan untuk tetap memberikan motivasi dan semangat kepada para pelaku usaha pasar malam. "Saya minta untuk melakukan kegiatan usaha para pedagang pasar malam ini harus betul-betul mematuhi protokol kesehatan dan berharap Kabupaten Kuningan dapat kembali memasuki zona hijau," harapnya. (Abel Kiranti)

Pengusaha Pasar Malam Indonesia P3MI pelantikan

Komentar

Berita Terkait