Pertandingan Olahraga Tradisional Dan Senam Massal Isi Gebyar Segar Bugar Masyarakat Jawa Barat 2019 Di Kabupaten Kuningan

By : BingkaiWarta - BingkaiWarta, 2019-03-28 13:54:36+07

Pertandingan Olahraga Tradisional Dan Senam Massal Isi Gebyar Segar BuS.jpg

Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Kuningan Drs. Jaka Chaerul buka rangkaian acara Gebyar Segar Bugar Masyarakat Jawa Barat 2019 di Kabupaten Kuningan, Kamis (28/3/2019).

 

Kuningan – 5 nomor cabang olahraga tradisional (Oltrad) dan senam massal isi rangkaian kegiatan Gebyar Segar Bugar Masyarakat Jawa Barat dengan mengusung tema ‘Jawa Barat Juara’ yang berlangsung di Open Space Gallery (OSG), Jalan Linggarjati, Desa Linggasana, Kecamatan Cilimus, Kabupaten Kuningan dari Kamis hingga Jumat (28-29/3/2019).

Menurut Ketua Panitia Kegiatan Chaeron, SE, MM, rangkaian acara yang dibuka Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Kuningan Drs. Jaka Chaerul tersebut bertujuan diantaranya, pertama, untuk membudayakan dan meningkatkan partisipasi masyarakat untuk kesehatan dan kebugaran, menumbuhkan dan melestarikan khasanah budaya melalui olahraga tradisional.

Kedua, untuk meningkatkan kesadaran pada masyarakat olahraga secara rutin, serta menggelorakan semangat kebersamaan di kalangan masyarakat, “Ketiga, untuk membentuk kebiasaan memanfaatkan waktu dengan aktivitas olahraga, dan keempat, untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh,” ujar Chaeron, yang merupakan Kasi Pengembangan Olahraga Rekreasi, Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Jawa Barat itu.

Adapun 5 Cabor Oltrad yang dipertandingkan, kata Chaeron, diantaranya sumpitan putra, egrang putra, tarompah panjang putri, hadangan putri, dan dagongan putra, dengan peserta terdiri dari perwakilan Sekolah Dasar (SD) dari tiap kecamatan se-Kabupaten Kuningan, serta pertadingan ekspedisi untuk peserta tingkat SMA dan SMK di Kuningan, yang pada kesempatan kali ini diikuti oleh 14 SMK dan SMK.

“Pemenang di Cabor Oltrad dibagi mulai juara 1 hingga juara 4, dimana mereka akan mendapatkan penghargaan berupa piala, piagam, dan uang pembinaan dengan total hadiah pembinaan sebesar Rp. 42.500 ribu,” kata Chaeron.

Sedangkan untuk kegiatan senam massal yang digelar pada hari kedua rangkaian kegiatan, atau pada Jumat (29/03/2019), Chaeron menyebutkan, diikuti oleh masyarakat, pelajar, ASN Kabupaten Kuningan, serta perwakilan Formi Kabupaten Kuningan juga Provinsi Jabar, dan mereka akan mendapatkan berbagai doorprize.

Sementara, Kadisporapar Kabupaten Kuningan Drs. Jaka Chaerul dalam sambutannya mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada Dispora Jabar yang telah memberikan kepercayaan kepada Disporapar Kabupaten Kuningan untuk menjadi penyelenggara Gebyar Segar Bugar Masyarakat Jawa Barat 2019, khususnya dengan rangkaian acara yang diisi pertandingan Oltrad.

Karena Jaka memandang, olahraga tradisional merupakan jenis olahraga yang di dalamnya tidak saja terdapat aktifitas fisik dan unsur permainan rakyat semata, tetapi juga terdapat unsur seni budaya dan falsafah luhur warisan para leluhur yang harus dipelihara sekaligus dilestarikan demi menjaga jati diri bangsa. Apalagi di Jawa Barat yang merupakan suku Sunda dikenal sebagai salah satu provinsi yang memiliki banyak jenis dan ragam olahraga tradisional yang tumbuh dan berkembang di berbagai kabupaten dan kota seperti, benjang, dagongan, hadang, egrang, sumpitan, tarumpah panjang dan banyak lagi lainnya.

“Namun demikian, tanpa upaya nyata yang intensif dari pemerintah, baik pemerintah pusat, provinsi, maupun kabupaten atau kota, seluruh pemangku kepentingan (stake holder), serta seluruh lapisan masyarakat, bukan tidak mungkin olahraga tradisional ini akan punah tergerus oleh derasnya arus modernisasi dan budaya luar,” ungkap Jaka.

Dan dengan kegiatan tersebut, Jaka berharap, akan tumbuh rasa senang pada generasi muda, khususnya para pelajar, sehingga olahraga tradisional yang merupakan olahraga turun temurun dari nenek moyang itu bisa tetap bertahan di tengah maju pesatnya permainan yang didukung oleh kemajuan industry teknologi (IT).

“Selain itu, semoga dengan digelarnya pertandingan Oltrad dalam rangkaian Gebyar Segar Bugar Masyarakat Jawa Barat 2019 ini dapat terjaring atlet-atlet berbakat serta potensial bagi kepentingan Kabupaten Kuningan dalam mengikuti event, baik di tingkat Jabar, atau nasional,” harapnya. (Yud’s)

5 months ago, by BingkaiWarta
Category : BERITA PILIHAN, PERNIK, OLAH RAGA

Kontak Informasi BingkaiWarta.com

Redaksi : redaksi[at]bingkaiwarta.com
Iklan : iklan[at]bingkaiwarta.com




















Berita Terkini

Categories