Pesta Panen Ikan Warnai Peresmian Situ Cibarungut Di Jalur Pendakian Linggasana

By : BingkaiWarta - BingkaiWarta, 2016-11-21 03:01:38+07

Pesta Panen 1 PS.jpg

Bupati Kuningan tampak larut menyaksikan kegembiraan masyarakat Desa Linggasana yang bersama –sama mengambil ikan, dalam pesta panen ikan peresmian situ Cibarungut, Minggu (20/11)

 

Kuningan – Pesta panen ikan yang di ikuti ratusan warga warnai peresmian Situ Cibarungut di  ketinggian kurang lebih 600 meter diatas permukaan laut (mdpl) jalur pendakian gunung Ciremai, melalui Linggasana, atau tepatnya di Rt. 11/05, Dusun Kliwon, Desa Linggasana, Kecamatan Cilimus, Kuningan, Minggu (20/11).

Bupati Kuningan Acep Purnama mengungkapkan, di resmikannya situ Cibarungut seluas ± 200 m², dan berada tepat di  lereng gunung Ciremai merupakan keseriusan unsur pemerintahan Kabupaten Kuningan dari bupati hingga kepala desa, serta masyarakat dalam mewujudkan Kuningan sebagai kabupaten konservasi, serta wilayah destinasi wisata di gerbang timur Jawa Barat.

“Desa Linggasana merupakan salah satu titik utama wilyah konservasi, dan dengan dibangunnya situ Cibarungut adalah upaya untuk penampungan air di daerah resapan Ciremai, untuk disalurkan demi berbagai kepentingan masyarakat yang berada di desa ini dan sekitarnya, terutama untuk pengairan lahan pertanian,” tutur Acep kepada BINGKAI WARTA.

Di samping itu, kata Acep, sebagai daerah yang tengah konsentrasi dalam pembangunan, dan pengembangan pariwisata, tidak bisa dipungkiri, wilayah Linggasana yang berada di sekitar sentra pariwisata Linggarjati, merupakan tempat yang indah, dan memiliki potensi luar biasa untuk pengembangan sektor tersebut.

“Dengan dibangunnya situ Cibarungut yang berada di ketinggian gunungCiremai, di kelilingi hutan nan asri, serta memiliki udara sejuk, apalagi, selain dalam acara peresmian, pesta rakyat panen ikan akan menjadi  agenda tahunan disini, saya yakin kedepannya wilayah ini bisa menjadi salah satu area yang bisa memperkaya sektor pariwisata di Kabupaten Kuningan,” katanya.

Hal senada di ungkapkan Kepala Desa Linggasana Heni Rosdiana, bahwa komitmen pihak Pemda Kuningan itu sama dengan komitmen dirinya, yakni mengembangkan desa dengan menggali potensi kekayaan di wilayah yang dipimpinnya, yakni keindahan alam yang akan sangat ideal menjadi tempat kunjungan wisata.

“Sebenarnya sudah berdiri berbagai obyek wisata di desa kami, dari mulai Open Space Gallery (OSG), obyek wisata pemandian, hingga jalur pendakian. Nah saat ini saya ingin lebih berkonsentrasi di  jalur pendakian dengan mengembangkan potensi yang telah tersedia,” ungkap Heni.

Heni menjelaskan, tepat di jalur pendakian Linggasana itu, terdapat situ yang telah tebentuk secara alami sejak dahulu, kemudian dia beserta aparat desa berembuk untuk membangunnya menjadi lebih baik, dan di jadikan penampungan air (embung) untuk pengairan lahan pertanian, sekaligus sebagai lokasi wisata.

“Setelah mendapatkan bantuan dari Kementrian Pertanian, kami langsung melakukan pembangunan, dan itu tak hanya pada pembuatan situnya saja, namun kami menata sedemikan rupa di area sekitar situ, untuk bisa menjadi tempat yang benar-benar nyaman saat dikunjungi, dengan berbagai fasilitas tersedia, di antaranya sarana untuk perkemahan,” terangnya.

Sementara itu, dalam pesta panen ikan yang sengaja digelar dalam rangkaian acara peresmian, menurut Heni, saat situ selesai dibangun, sebelum acara dilaksanakan, pihaknya sengaja mengisi situ dengan ratusan kilo  ikan, dan kemudian dipanen secara bersama-sama oleh seluruh lapisan masyarakat,  serta di persembahkan untuk mereka.

Dan  memang perhelatan panen ikan perdana ini terlihat mendapat sambutan luar biasa seluruh masyarakat Desa Linggasana, dari anak-anak, kaum remaja, hingga manula yang jumlahnya mencapai ratusan orang secara bersama-sama turun ke situ, berlomba-lomba untuk mendapatkan ikan sebanyak-banyaknya,  dan Bupati Kuningan sendiri tampak seakan larut menyaksikan kegembiraan rakyatnya tersebut. (Yud’s)

3 years ago, by BingkaiWarta
Category : BERITA PILIHAN, PERNIK, SENI & BUDAYA

Kontak Informasi BingkaiWarta.com

Redaksi : redaksi[at]bingkaiwarta.com
Iklan : iklan[at]bingkaiwarta.com











Berita Terkini

Categories