657
Monday, 27 July 2020 07:15 (2 bulan yang lalu)    Tulis Komentar

PKBM Taruna Kencana Karangkancana Lakukan PJJ di Tengah Pandemi Covid-19

PKBM Taruna Kencana Karangkancana Lakukan PJJ di Tengah Pandemi Covid-19

Bingkaiwarta, KUNINGAN - Pusat Kegiatan Belajar Mengajar (PKBM) Taruna Kencana - Karangkancana melakukan kegiatan pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) atau daring di awal tahun pelajaran 2020/2021. Hal ini disepakati antara pengelola lembaga, tutor dan warga belajar dalam pertemuan teknis beberpa minggu lalu. Seperti yang diungkapkan oleh Ketua PKBM Aldi Nurcahya “Untuk saat ini kami sepakat agar KBM dengan jarak jauh dulu, karena ada warga belajar berasal dari beberapa daerah di Kabupaten Kuningan yang cukup jauh. Maka untuk mengantisipasi penyebaran covid-19, PJJ adalah solusi terbaik” ungkapnya. 

Pembelajaran Jarak Jauh itu sendiri berprinsip mudah, murah dan tidak monoton. Aplikasi yang dikembangkan menggunakan flatform google yang notabene bisa diakses oleh seluruh warga belajar. Medianya pun bisa menggunakan smartphone berbasis android atau juga laptop. Jadi mulai dari absensi, materi, latihan soal hingga daftar nilai bisa diakses secara mudah dengan media dawai masing-masing. 

“Kami mengutamakan kemudahan agar kegiatan PJJ bisa berlangsung dengan maksimal. Mereka bisa belajar di rumah masing-masing dengan aman dan nyaman, sehingga transfer ilmu pengetahuan dapat di lakukan dengan efektif dan efisien” ujar Toto Kuswanto yang bertugas sebagai tutor Bahasa Indonesia. 

pkbm taruna kencana

Meskipun tergolong PKBM baru di wilayah Kabupaten Kuningan namun peminat dan antusias warga khususnya generasi muda sangat besar. Hal ini karena sosialisasi program ke masyarakat sangat intensif melalui berbagai cara yang dilakukan misalnya blusukan (terjun langsung), diskusi terbuka, media on-line (facebook, IG atau WA) dan website. Sehingga tercatat sudah ada 100 warga belajar yang mendaftar dan mengikuti kegiatan pada tahun ini. 

Program yang ditawarkan bukan hanya pendidikan kesetaraan paket A, B dan C namun ada beberapa diantaranya Desa Vokasi, Pelatihan, Kursus dan Taman Baca Masyarakat (TBM) serta keaksaraan fungsional. Sehingga menambah daya tarik pada warga belajar untuk senantiasa meningkatkan kualitas baik secara akademik dan non akademiknya. Salah seorang warga belajar mengaku bahwa PKBM memberikan pelayanan terbaik dan informasi secara maksimal sehingga merasa nyaman dalam belajar ditambah para tutor yang muda, energik dan visioner. “Awalnya sih, jujur saja kami ikut PKBM ini karena bebas biaya pendidikan (gratis), namun ada hal yang lebih menarik yakni programnya banyak dan para pengurusnya (tutor) sangat responsif sehingga semangat untuk belajar” Ujar Ciput Citrada salah satu warga belajar. 

Lebih lanjut ia mengatakan bahwa Pembelajaran Jarak Jauh ini bisa dilakukan secara maksimal karena ada kerjasama yang baik antara para warga belajar dan guru karena memang sebelumnya seluruh elemen dilatih dan diberikan pembinaan terlebih dahulu oleh Ketua. “Kami di latih dulu, praktek dulu tapi memang tidak semua hanya perwakilan saja. Kendalanya yang kami temui hanya disinyal saja, ada beberapa yang kesulitan sinyal, tapi sudah bisa dipecahkan itu mah” ujarnya.

Harapanya adalah semoga PKBM Taruna Kencana yang digagas oleh para generasi muda ini bisa memberikan dampak positif bagi pembangunan sumber daya manusia sesuai visi Kuningan Maju (Makmur Agamis dan Pinunjul) berbasis desa. Motto yang dipakai oleh pengurus adalah berwawasan, berkarakter, modern dan produktif artinya diharapkan lembaga mampu mengantarkan warga belajar menjadi manusia yang berwawasan, memiliki karakter kebangsaan yang kuat, menyesuikan perkembangan dunia teknologi dan dapat menciptakan lapangan kerja baru di masyarakat. 

Ciput Citrada Pusat Kegiatan Belajar Mengajar PKBM Taruna Kencana pembelajaran Jarak Jauh PJJ

Komentar

Berita Terkait