210
Tuesday, 08 June 2021 19:47 (1 minggu yang lalu)    Tulis Komentar

Polisi "Diasah" Ilmu Jurnalistik

Polisi "Diasah" Ilmu Jurnalistik

Bingkaiwarta, CILIMUS - Untuk peningkatkan jurnalistik kepolisian dalam mengemban fungsi Humas Polres, puluhan anggota Polres Kuningan mengikuti pelatihan jurnalistik, di Horison Sangkan Aqua Park, Jl. Raya Bandorasa Wetan, Kecamatan Cilimus, Kabupaten Kuningan, Selasa (8/6/2021). 

Kegiatan yang diikuti oleh Kasi Um atau Operator Humas Polsek dan Satuan Kerja di jajaran Polres Kuningan ini, menghadirkan dua orang narasumber yaitu Dedin, SH seorang akademisi dan Abdul Jalil Hermawan, M.IKom seorang Jurnalis dari Metro Tv juga sebagai dosen di salah satu universitas di Cirebon.

Wakapolres Kuningan Kompol Jaka Mulyana mengatakan, tujuan dari dilaksanakannya kegiatan Pelatihan Jurnalistik ini yaitu agar para anggota polisi dapat membuat sebuah laporan menjadi sebuah berita dan membantu pembentukan opini publik untuk meningkatkan kepercayaan kepada polisi.

"Pentingnya pelatihan jurnalistik bagi anggota polisi untuk dapat meningkatkan kemampuan menulis maupun membuat vidio," kata Wakapolres saat membuka acara Pelatihan Jurnalistik.

Ia berharap dengan adanya pelatihan jurnalistik ini, para peserta dapat meningkatkan kemampuannya dalam menulis laporan menjadi sebuah berita yang menarik dan tidak monoton, sehingga dapat menyajikan informasi secara tepat, cepat, akurat dan terpercaya kepada masyarakat.

"Saya minta kepada para peserta agar dapat mengikuti pelatihan dengan sungguh-sungguh dan dapat menerapkan ilmu yang didapat selama pelatihan jurnalistik," ujarnya.

Selanjutnya, kedua narasumber memberikan paparannya tentang jurnalistik dan cara penulisan dari bahan keterangan menjadi sebuah berita yang menarik dengan tetap memperhatikan 5W+1H. Dan menjelaskan bagaimana membuat sebuah judul yang menarik.

Di akhir acara, Kapolres Kuningan AKBP Doffie Fahlevi Sanjaya menyampaikan bahwa Polri sebagai salah satu intitusi pemerintah telah membuat suatu strategi yang mencakup tiga tahapan yaitu membangun kepercayaan, membangun kemitraan dan menuju organisasi unggulan.

Kapolres juga mengatakan, agar menjadikan kemajuan teknologi informasi sebagai kekuatan untuk memperkuat kepercayaan masyarakat terhadap Polri dengan memberdayakan sumber daya yang dimiliki.

"Terus tingkatkan hubungan kemitraan dan kerja sama yang saling menguntungkan dengan semua lapisan masyarakat, terutama kalangan pers dan instansi lainnya. Mari kita jadikan good news is good news," tegas Kapolres.

Ia menambahkan, baik buruknya pelayanan informasi akan mempengaruhi tingkat kepercayaan masyarakat terhadap Polri. 

"Dengan adanya pelatihan jurnalistik ini, bisa lebih meningkatkan kreatifitas peserta dalam menulis laporan yang baik," pungkasnya. (Abel Kiranti)

Polres kuningan Pelatihan jurnalistik

Komentar

Berita Terkait