Prestasi Sebuah Pengabdian Dokter Perempuan Di Kuningan

By : BingkaiWarta - BingkaiWarta, 2016-10-04 08:37:22+07

dokter permpuan.jpg

dr. Wahyu Fitrina Handayani beserta keluarga

 

Kuningan – Sejak awal datang ke Kabupaten Kuningan bukan pekerjaan ringan yang diemban dr. Wahyu Fitrina Handayani, setelah satu tahun bertugas di Puskesmas Kadugede, tepatnya dari tahun 2005 hingga tahun 2006, dokter kelahiran 4 Oktober 1976 ini langsung menjalankan amanat untuk memimpin Puskesmas di daerah pelosok, tepatnya di Kecamatan Cilebak.

Suka dan duka dia lewati saat ditugaskan sebagai tenaga medis di daerah dengan tantangan medan yang tidak bisa dikatakan ringan, karena tak hanya jarak dari satu ke desa lainya lumayan jauh, namun juga harus menanjaki terjalnya jalan perbukitan, melalui hutan belantara, bahkan melintasi sungai.

Kondisi tersebut akan teras lebih berat tatkala musim penghujan tiba, untuk sampai dari satu rumah pasien ke rumah pasien lainnya yang jaraknya berjauhan itu, dia harus rela menembus derasnya air hujan sambil menerobos rimbunya pepohonan di perlintasan hutan belantara.

Malahan bukan sekali, dengan diantarkan ojek langganannya, dia harus mendatangi rumah pasien melewati hutan belantara dalam gelapnya malam, diiringi lebatnya hujan, kemudian dia harus pulang dengan tangan hampa, karena si pasien tak mampu membayar, serta ada pula yang membayarnya bukan dengan uang, tetapi dengan beras, sayur mayur, palawija, atau hewan, seperti ayam.

 “Tetapi Alhamdulillah saya ikhlas menjalani itu semua, karena memang sudah menjadi kewajiban saya sebagai seorang dokter untuk menolong masyarakat yang tengah mengalami masalah kesehatan, dan harus mendapatkan pertolongan medis,” katanya kepada BINGKAI WARTA, saat berbincang-bincang di kediamannya yang terletak di Jalan Pramuka, nomor 41, Kelurahan Purwawinangun, Kuningan.

Tak hanya dari niat, tampaknya keikhlasan dirinya saat menjalani pengabdiannya sebagai abdi negara yang ditugaskan di daerah terpencil, tetapi juga didorong oleh support dari suaminya dr. H. Krisyudi, yang saat itu tak jauh beda dengan dirinya harus bertugas di pelosok, dan kebetulan tak jauh lokasinya dari tempat dia bekerja, tepatnya di Kecamatan Subang.

“Ya disinilah sepertinya saya bisa membuktikan, jika betapa pentingnya peran suami, atau keluarga dalam memberikan dorongan motivasi untuk kita bisa bertahan, berjuang, dalam menjalani beratnya kehidupan yang terkadang tak jarang membuat kita menyerah itu. Dan berkat dorongan suami juga akhirnya saya bisa melalui semuanya dengan rasa bahagia,” ungkapnya.

Selain itu, lanjut dia, yang membuat dirinya sangat terkesan, sekaligus bahagia, karena secara kultural masyarakat di pedesaan tempat dirinya dulu bertugas itu, sangat ramah, kental dengan rasa kekeluargaan, serta masih kuat budaya gotong royongnya.

Dan sepertinya, dari tempaan luar biasa saat bertugas di wilayah penghujung timur Kuningan itulah yang membuat ibu dari Putri Cahaya Amalia ini mampu membawa kemajuan di Puskesmas yang kini dia pimpin, yakni Puskesmas Cijoho.

Tak hanya dalam penerapan disiplin, disertai perhatiannya pada seluruh staf dan perawat yang menjadi bawahannya, sehingga pelayanan prima terhadap masyarakat bisa terwujud disana, tetapi dalam hal pembangunan sarana prasanapun tak luput dari konsentrasinya. Hal itu bisa dibuktikan dengan pelaksanaan perehaban gedung yang saat ini tengah berjalan, padahal dia bertugas di tempat itu baru menggenapkan satu tahun, setelah sebelumnya dipercaya sebagai Kepala Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda).

Sementara itu, dr. H. Krisyudi, suami dari dr. Wahyu Fitrina Handayani mengungkapkan, jika dirinya bangga dengan sang istri yang pada tanggal 4 Oktober 2016 genap berusia 40 tahun, karena meskipun lahir dari keluarga berada, tetapi tidak manja, dan ikhlas menjalani tugas dimanapun pemerintah menampatkan, meski di tempat terpencil sekalipun.

“Saya berharap di ulang tahunnya yang ke 40, istri saya bisa terus menjadi insan yang pantas untuk diteladani, karena segala prestasinya, perjuangannya, kesabaran, serta segala keikhlasannya, baik oleh keluarga, ataupun seluruh rekan-rekan kerjanya,” harap Kris. (Yuds)

3 years ago, by BingkaiWarta
Category : BERITA PILIHAN, POTRET

Kontak Informasi BingkaiWarta.com

Redaksi : redaksi[at]bingkaiwarta.com
Iklan : iklan[at]bingkaiwarta.com











Berita Terkini

Categories