Program Studi Baru Universitas Kuningan Jadi yang Pertama di Wilayah Jabar dan Banten

By : BingkaiWarta - BingkaiWarta, 2019-06-23 12:08:49+07

Program Studi Baru Universitas Kuningan sdsdsds.jpg

Rektor Universitas Kuningan Dr. H. Dikdik Harjadi, terima SK izin Pendirian Ilmu Lingkungan dari Ketua LLDIKTI Wilayah IV Jabar-Banten Prof. Dr. Uman Suherman di kampus UNIKU, Sabtu (22/6/2019).

 

Kuningan – Universitas Kuningan terus berupaya memperbaiki mutu pendidikan dan menunjukan perkembangan positif dengan membuka Program Studi (Prodi) baru Ilmu Lingkungan. Uniknya, prodi yang berada di Fakultas Kehutanan ini menjadi yang pertama berdiri di wilayah Jawa Barat dan Banten.

Peresmian berdirinya prodi baru tersebut ditandai dengan penyerahan surat keputusan Izin pendirian Program Studi Ilmu Lingkungan Fakultas Kehutanan Universitas Kuningan dari Kepala LLDIKTI Wilayah IV Jabar-Banten Prof. Dr. Uman Suherman, kepada Rektor Universitas Kuningan Dr. Didik Harjadi, M.Si, Sabtu (22/6/2019).

Turut menyaksikan prosesi sakral ini Ketua Yayasan Sang Adipati Kuningan H. Uri Syam, SH, MH, dan para Dekan di lingkungan UNIKU.

Kepala LLDIKTI Wilayah IV Jabar-Banten Prof. Dr. Uman Suherman, turut mengapresiasi upaya Universitas Kuningan dalam mendirikan Prodi Ilmu Lingkungan. Menurutnya, UNIKU sudah layak mendirikan prodi tersebut karena memiliki keunggulan dan telah memenuhi persyaratan

“Saya mengapresiasi UNIKU karena memiliki keunggulan dan memenuhi persyaratan. Karena itu LLDIKTI mengeluarkan rekomendasi izin berdirinya Program Studi Ilmu Lingkungan. Dengan keluarnya izin ini saya berharap eksistensi Prodi Ilmu Lingkungan memiliki prospek yang bagus dan banyak diminati oleh masyarakat,” kata Prof. Uman.

Di samping itu, Prof. Uman menyarankan agar UNIKU menelaah kembali kurikulum Ilmu Lingkungan dan melakukan studi komparasi dengan perguruan tinggi lain yang memiliki prodi yang sama untuk mempelajari tantangan dan prospeknya.

“Bukan hanya kemudahan perizinan, tetapi mempersiapkan prospeknya jauh lebih penting. Karena itu UNIKU harus menyusun kurikulum ilmu lingkungan yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat,” ujar Prof Uman yang juga Guru Besar Bimbingan dan Konseling Universitas Pendidikan Indonesia itu.

Alasan lain Prof. Uman yang turut mendorong pendirian prodi tersebut yaitu karena selama ini UNIKU dipandang memiliki rekam jejak yang bagus, dan juga sumber daya manusia dan infrastruktur yang telah disediakan dengan baik.

“Rekam jejak UNIKU bagus, karena itu saya rekomendasi. Rekam jejak yang baik akan membantu UNIKU meningkatkan mutu SDM masyarakat Kuningan dan Ciayumajakuning,” tuturnya.

Sementara itu, Rektor UNIKU Dr. H. Dikdik Harjadi, M.Si, bersyukur dan turut mengucapkan terima kasih, diiringi apresiasi pada LLDIKTI yang memberikan dukungan penuh bagi berdirinya Prodi Ilmu Lingkungan FHUT UNIKU.

Ia mengatakan, kehadiran Ilmu Lingkungan FHUT UNIKU tidak terlepas dari kepercayaan LLDIKTI kepada UNIKU yang dinilai memiliki rekam jejak yang baik.

Dia pun mengungkapkan bahwa kehadiran Program Studi Ilmu Lingkungan merupakan jawaban kongkrit atas kepedulian UNIKU dalam merespon krisis lingkungan yang terjadi di level global maupun lokal.

“Permasalahan lingkungan terjadi di banyak tempat dan negara, bukan hanya isu lokal, tetapi juga isu global. Oleh karena itu, Ilmu Lingkungan sangat dibutuhkan oleh masyarakat Indonesia dan dunia. Itulah salah satu alasan yang melatar belakangi dibukanya Program Studi Ilmu Lingkungan,” ujarnya.

Dan hingga saat ini, di Indonesia baru terdapat lima Prodi Ilmu Lingkungan yang sudah dibuka, salah satunya di Universitas Kuningan. (TedyAgeng)

4 months ago, by BingkaiWarta
Category : BERITA PILIHAN, PERNIK, PENDIDIKAN

Kontak Informasi BingkaiWarta.com

Redaksi : redaksi[at]bingkaiwarta.com
Iklan : iklan[at]bingkaiwarta.com











Berita Terkini

Categories