Puluhan ODGJ Dievakuasi ke Rumah Sakit DR. H. Marzoeki Mahdi Bogor

By : BingkaiWarta - BingkaiWarta, 2019-07-19 19:29:36+07

Puluhan ODGJ Dievakuasi ke Rumasdeee.jpg

Sekertaris Daerah Kabupaten Kuninga Dr. H. Dian Rachmat Yanuar, M.Si, dan Kepala Bagian Kesra Setda Kabupaten Kuningan Toni Kusumanto, AP, M.Si, beserta jajaran lainnya saat melepas puluhan ODGJ di Puskesmas Manggari, Desa Manggari, Kecamatan Lebakwangi, Kamis, (18/7/2019).

 

Kuningan – Pemerintah Kabupaten Kuningan punya komitmen untuk memberikan pelayanan kesehatan khususnya bagi warga yang mengalami gangguan jiwa atau disebut Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ). Hal itu dalam menyongsong Kabupaten Kuningan Bebas Pasung Tahun 2019.

Kepala Bagian Kesra Setda Kabupaten Kuningan Toni Kusumanto, AP, M.Si, mengatakan, di Kabupaten Kuningan terdapat sebanyak 2.232 ODGJ, 55 orang diantaranya dipasung. Untuk mengatasi persoalan tersebut, pemerintah daerah menggandeng beberapa pihak dengan harapan persoalan ODGJ di daerah ini bisa diselesaikan.

“Salah satu upaya yang dilakukan saat ini yaitu memberikan pelayanan kesehatan kepada warga yang mengalami gangguan jiwa,” kata Toni Kusumanto, pada acara Pelayanan Kesehatan Jiwa dan Evakuasi ODGJ ke Rumah Sakit DR. H. Marzoeki Mahdi (RSMM) Bogor, di Puskesmas Manggari, Desa Manggari, Kecamatan Lebakwangi, Kamis, (18/7/2019).

Evakuasi ODGJ ke Rumah Sakit DR. H. Marzoeki Mahdi Bogor dilepas oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Kuningan, DR. H. Dian Rachmat, Yanuar, M.Si, serta disaksikan oleh sejumlah pejabat perwakilan dari beberapa instansi terkait di Kabupaten Kuningan.

Diantaranya Dinas Kesehatan, Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, serta Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil.

Menurut Dian, dalam menangani soal ODGJ harus dilakukan dengan pendekatan sistem yang komperhensif. Diharapkan dapat mengoptimalkan penanganan kesehatan jiwa yang baik.

Atas nama pemerintah daerah Dian mengucapkan terima kasih yang tak terhingga kepada pihak-pihak yang telah berpartisipasi mendukung kegiatan itu, Rumah Sakit DR. H. Marzoeki Mahdi, Dinas Kesehatan, Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Camat, Kapolsek, Danramil dan Kepala Desa/Kelurahan.

“Terima kasih khususnya kepada Rumah Sakit DR. H. Marzoeki Mahdi (RSMM) Bogor dan Panti Sosial Bina Laras (PSBL) Phala Martha Sukabumi, yang telah menyelenggarakan kegiatan penanganan dan pelayanan kesehatan jiwa bagi ODGJ di Kabupaten Kuningan," kata Dian Rachmat Yanuar, yang selanjutnya menandatangani Komitmen Pelayanan Kesehatan Jiwa di Kabupaten Kuningan.

Sementara itu Perwakilan Rumah Sakit DR. H. Marzoeki Mahdi (RSMM) Bogor sangat mengaprsiasi apa yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Kuningan, dalam rangka promosi kesehatan jiwa di Indonesia bebas pasung 2019 yang sudah berkontribusi untuk mengakses kabupaten/kota di Jawa Barat dan Banten.

Pihaknya juga ingin mendukung berbagai macam kegiatan penanganan kesehatan jiwa dengan membantu menambah jejaring pelayanan yang tuntas, hingga penderita kembali ke masyarakat dengan kondisi pulih dan produktif. (Abel Kiranti)

1 month ago, by BingkaiWarta
Category : BERITA PILIHAN, SOSPOLHUKAM

Kontak Informasi BingkaiWarta.com

Redaksi : redaksi[at]bingkaiwarta.com
Iklan : iklan[at]bingkaiwarta.com




















Berita Terkini

Categories