Puluhan Wartawan Ikuti Uji Kompetensi

By : BingkaiWarta - BingkaiWarta, 2019-10-23 16:47:59+07

Puluhan Wartawan Ikuti sfsf.jpg

Uji Kompetensi Wartawan digelar di Gedung Wisma Permata, Komplek Stadion Mashud Wisnusaputra, Rabu-Kamis (23-24/10/2019).

 

Kuningan – Puluhan wartawan yang bekerja baik di media cetak, online, maupun elektronik ikuti Uji Kompetensi Wartawan (UKW) yang diselenggarakan oleh Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Kuningan, bekerjasama dengan Bagian Humas Setda Kuningan, di Gedung Wisma Permata, Komplek Stadion Mashud Wisnusaputra, Rabu (23/10/2019).

Ketua Pelaksana UKW yang juga Kepala Sub Bagian Analisis Informasi Humas Setda Kuningan Wibawa Gumbira, S.Sos, M.Pd, menyebutkan, tercatat ada 30 wartawan yang mengikuti UKW gelombang kedua di Kabupaten Kuningan.

Menurutnya, tujuan dari UKW ini yaitu pertama, sebagai upaya memberikan pengetahuan dan pemahaman kepada seluruh peserta tentang wawasan dan pengetahuan di bidang jurnalistik; kedua, memberikan pemahaman kepada wartawan agar menyampaikan informasi secara akurat dan sesuai fakta yang sebenarnya.

Kemudian ketiga, memotivasi para wartawan untuk lebih mempersiapkan serta memberikan bekal kemampuan sekaligus memahami etika dari UU Pers, konsep berita, penyusunan, dan penyusunan berita; serta keempat, memperkenalkan sinergitas dan meningkatkan kemitraan antara Pemkab Kuningan dengan wartawan dalam rangka mempublikasikan program atau hasil pembangunan.

Puluhan Wartawan Ikuti Uji Kompetensi (1).JPG“Kegiatan digelar selama dua hari, dari hari Rabu sampai Kamis tanggal 23 sampai 24 Oktober 2019, dengan dihadiri oleh wartawan dari media cetak, online dan elektronik, serta melibatkan para narasumber dari anggota Dewan Pers dan PWI Provinsi Jawa Barat,” kata Gumbira atau yang akrab disapa Gugum ini.

Kegiatan UKW tersebut dibuka secara langsung oleh Wakil Bupati Kuningan H. M. Ridho Suganda, SH, M.Si. Ridho mengatakan, para wartawan sangat bermanfaat untuk memberikan informasi kepada khalayak ramai.

“Pembangunan apa yang sudah kita lakukan, rencana apa yang akan kita laksanakan, itu butuh informasi, butuh diinformasikan kepada seluruh khalayak ramai. Dan mungkin tidak akan bisa kita rangkum semua dan juga tidak mungkin bisa berikan semua informasinya tanpa ada bantuan dari rekan-rekan media,” kata Ridho.

Ridho berterima kasih kepada para wartawan yang sudah membantu pemerintah dalam rangka mempublikasikan informasi terkait semua segmen dan hasil pembangunan di Kabupaten Kuningan.

Ridho menilai UKW menjadi sebuah kebutuhan yang menjadi kepentingan publik dan hak pribadi masyarakat untuk menjaga kehormatan dan pekerjaan wartawan, bukan untuk membatasi hak-hak warga negara menjadi wartawan.

“Mudah-mudahan apa yang tadi saya sampaikan bisa memotivasi diri kita sendiri dan memotivasi kita di pemerintah agar kalau tidak mau dibully jelek sama wartawan jangan bikin salah. Bener ya. Jadi kita mau ngomong apa pun yang penting jangan bikin salah. Kalau ga bikin salah saya yakin rekan-rekan media tidak akan yang aneh-aneh. Ya kalau sudah tau bikin salah, ditulis salah, ya jangan ngelawan lah,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua PWI Kabupaten Kuningan Iyan Irwandi, S.Ip, bersyukur atas kerja sama pihaknya dengan Bagian Humas Setda Kuningan untuk memfasilitasi para wartawan guna mengikuti UKW.

“Karena untuk mengeluarkan biaya wartawan di Kuningan berat. Alhamdulilah karena kerja sama dengan Pemerintah Daerah khususnya bagian Humas untuk wartawan Kuningan khususnya digratiskan, kecuali wartawan luar daerah kita kenakan biaya,” katanya.

Iyan berterima kasih kepada para wartawan yang berasal dari Cimahi, Subang, Cirebon, dan Ciamis, yang telah mengikuti UKW di Kuningan. Selain itu, ia juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh penguji yang telah hadir langsung di Kuningan.

Dia berharap dari UKW ini kedepannya dapat memunculkan wartawan yang profesional. Mengingat, dari total sekitar 400 wartawan di Kuningan melalui UKW yang rutin setiap tahun mudah-mudahan semuanya bisa profesional.

“Karena di Kuningan tercatat sekitar 400 wartawan, yang sudah UKWnya baru dua angkatan sekarang. Baru dibawah 70 orang. Diharapkan ke depan kalo secara bertahap UKW-UKW sepertinya Kuningan bisa profesional, bisa hebat, aamiin,” harap Iyan, yang juga merupakan lulusan terbaik Sekolah Jurnalistik itu. (TedyAgeng)

26 days ago, by BingkaiWarta
Category : BERITA PILIHAN, SOSPOLHUKAM

Kontak Informasi BingkaiWarta.com

Redaksi : redaksi[at]bingkaiwarta.com
Iklan : iklan[at]bingkaiwarta.com











Berita Terkini

Categories