Ribuan Bibit Ayam Terpanggang Pada Kebakaran Kandang Ayam di Desa Haurkuning

By : BingkaiWarta - BingkaiWarta, 2019-05-25 05:25:40+07

Ribuan Bibit Ayam Terpanggang sdsdsds.jpg

Petugas Pemadam Kebakaran saat berusaha memadamkan api pada kebakaran kandang ayam di Desa Haurkuning, Kecamatan Nusaherang, Jum'at (24/05/2019) malam, sekitar pukul 23.30 WIB.

 

Kuningan - Ribuan bibit ayam yang masih berumur beberapa hari atau biasa disebut Day Old Chichken (DOC) hangus terpanggang pada kebakaran kandang ayam di Desa Haurkuning, Kecamatan Nusaherang, Jum'at (24/05/2019) malam, sekitar pukul 23.30 WIB.

Kandang ayam seluas 108 meter persegi itu diketahui milik Udis (59) warga Rt.002/003, Desa Haurkuning. Selain membakar bibit ayam, kebakaran ini juga melalap hangus puluhan karung pakan ayam.

Menurut Kepala UPT Damkar Satpol PP Kabupaten Kuningan M. Khadafi Mufti, kebakaran terjadi diduga akibat percikan api dari tungku pemanas yang biasa digunakan untuk menghangatkan suhu kandang.

"Kronologis kejadian sekitar pukul 18.30 WIB saat pemilik kandang mengganti ovenan pemanas atau batu bara dan pulang untuk shalat taraweh. Kemudian sekitar pukul 23.30 WIB warga setempat melihat asap dan api yang berasal dari kandang," kata Khadafi.

Pihaknya yang mendapat laporan langsung meluncur pada pukul 23.50 WIB dengan bantuan 2 unit kendaraan Damkar berikut 7 orang petugas.

Dengan dibantu warga setempat, aparat pemerintahan desa, serta anggota Polsek Kadugede, Petugas Damkar berhasil memadamkan api sekitar pukul 01.00 WIB.

Khadafi menyebut tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Hanya saja taksiran kerugian materil mencapai Rp. 79.900.000. Ini disebabkan akibat bibit ayam yang terbakar, pakan ayam, termasuk bangunan dan peralatan kandang.

Dari peristiwa ini Khadafi menghimbau supaya kegiatan usaha seperti ternak ayam diperlukan pendataan oleh Pemerintaham Desa/Kelurahan untuk dilakuksan sosialisasi supaya pemilik menyediakan sistem proteksi kebakaran seperti tabung APAR, Hydran, dan bak air. (Abel Kiranti)

3 months ago, by BingkaiWarta
Category : BERITA PILIHAN, SOSPOLHUKAM

Kontak Informasi BingkaiWarta.com

Redaksi : redaksi[at]bingkaiwarta.com
Iklan : iklan[at]bingkaiwarta.com




















Berita Terkini

Categories