212
Friday, 11 June 2021 16:25 (5 hari yang lalu)    Tulis Komentar

Riki Lesmana Lolos Ke Grand Final Ajang Pemilihan Duta Budaya Provinsi Jawa Barat

Riki Lesmana Lolos Ke Grand Final Ajang Pemilihan Duta Budaya Provinsi Jawa Barat

Bingkaiwarta, KUNINGAN - Riki Lesmana, Mahasiswa aktif Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Kuningan (Uniku), berhasil masuk ke babak Grand Final pada ajang pemilihan Duta Budaya Provinsi Jawa Barat dalam Pasanggiri Wanoja Jajaka Budaya Jawa Barat 2021 yang diadakan oleh Yayasan Palamarta Budaya. Dimana ajang ini memilih putera- puteri terbaik Jawa Barat yang siap berkontribusi aktif dan nyata dalam pelestarian dan pengembangan kebudayaan dan akan berlangsung mulai dari tanggal 01- 26 Juni 2021.

Riki Lesmana atau yang biasa akrab disapa A Riki ini, mengatakan, dirinya mengaku tak menyangka bisa lolos ke babak Grand Final dalam ajang tersebut. Dari 54 pesera, dirinya berhasil masuk ke Grand Final yang akan diadakan di Kota Bandung diakhir bulan ini.

“Alhamdulillah, Riki menyampaikan ucapan banyak terima kasih kepada semua pihak yang telah memberikan motivasi, masukan, saran, kritikan dll sehingga Riki bisa mendapatkan hasil yang terbaik. Sebenarnya tujuan Riki sendiri ikut dalam pemilihan Wanoja Jajaka Budaya Jawa Barat 2021, Riki ingin berkontribusi lebih lagi dengan jaringan yang lebih luas dalam ikut serta melestarikan dan mengembangkan kebudayaan khususnya yang ada di tatar sunda,” tuturnya.

Dikatakannya, karena sejatinya dirinya percaya dengan wadah yang lebih luas, maka kita akan lebih banyak mendapatkan ilmu serta pengalaman. “Dan itu semua, dapat menjadi modal khusus bagi Riki pribadi sebagai pegiat kebudayaan dalam ikut serta melestarikan dan mengembangkan kebudayaan,” katanya.

Tak hanya itu, Riki juga mengucapkan banyak terima kasih bagi Universitas Kuningan, khususnya Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) dan Program Studi (Prodi) Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) yang selalu mensupport mahasiswanya untuk lebih maju dan berkembang terlebih Riki sendiri juga aktif dibeberapa kegiatan kebudayaan.

“Seperti sering terlibat dalam kegiatan kebudayaan di Dapur Sastra, untuk diluar kampusnya Riki juga aktif di Teater Siliwangi 106 dan Megacitra kreasi,” ujarnya.

Sedangkan, Menurut Ketua Program Studi (Kaprodi) Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) Arip Hidayat, M.Pd., mengungkapkan, bahwa  Riki Lesmana adalah sosok yang cerdas dan kreatif.

“Dilihat dari prestasi akademik, khususnya nilai mata kuliah, Riki mempunyai nilai sangat baik. Rerata nilai mata kuliahnya A,” umgapnya.

Selain cerdas di akademik, Riki pun terampil di berbagai bidang seperti film, musik, olahraga, dan tari. “Sosok Riki adalah sosok pemuda ideal, setiap kata ia wujudkan dalam tindakan nyata,” ujarnya.

Menurutnya, Riki adalah role model yang ideal bagi mahasiswa PBSI. “Semoga apa yang dilakukan Riki, dapat menginspirasi dan memotivasi mahasiswa PBSI untuk terus berkarya, berprestasi, dan bermanfaat,” paparnya.

Terpisah, Wakil Rektor IV Universitas Kuningan (Uniku) Dr. Novi Satria Praja, M.Pd., saat dimintai keterangan di Ruang Kerjanya, Jum’at (11/06/2021), mengatakan, dirinya atas nama pribadi maupun lembaga menyampaikan apresiasi dan selamat berjuang bagi ananda Riki Lesmana yang akan turun menjadi wakil Kabupaten Kuningan pada ajang pemilihan Duta Budaya Provinsi Jawa Barat tahun 2021.

“Saya atas nama pribadi dan lembaga menyampaikan apresiasi dan selamat berjuang bagi ananda Riki Lesmana. Tetap semangat, jaga kondisi dan kesehatan selama mengikuti kegiatan tersebut. Semoga, perjuangan ananda Riki Lesmana bisa membawa hasil yang menggembirakan dan mengharumkan nama kampus yang kita cintai ini khususnya maupun Kabupaten Kuningan pada umumnya,” tuturnya.

Lebih jauh, sambung mantan Ketua Satuan Pengawas Internal (SPI) Uniku tersebut, mengungkapkan, bahwa dengan lolosnya saudara ananda Riki Lesmana yang merupakan mahasiswa dari Prodi PBSI FKIP, menandakan bahwa mahasiswa dan mahasiswi Uniku memiliki kualitas dan mampu berdaya saing.

“Dengan lolosnya Riki ke babak Grand Final di ajang Duta Budaya Provinsi Jawa Barat tahun 2021 tersebut, menandakan bahwa mahasiswa Uniku memiliki kualitas dan mampu berdaya saing dengan mahasiswa lainnya dari beberapa perguruan tinggi di Indonesia,” sambungnya.

Novi yang juga menjadi Ketua Uniku Riders Indonesia itu, berharap, semoga dengan lolosnya ananda Riki Lesmana dalam ajang pemilihan Duta Budaya Provinsi Jabar tahun 2021, diharapkan dapat memberikan motivasi lagi bagi mahasiswa dan mahasiswi Prodi PBSI FKIP khususnya maupun Uniku pada umumnya untuk kembali berprestasi, baik di bidang akademik maupun non akademik.

“Semoga, ananda Riki Lesmana dapat memberikan yang terbaik dan kembali memberikan motivasi lagi bagi mahasiswa dan mahasiswi Prodi PBSI FKIP khususnya maupun Uniku pada umumnya untuk kembali berprestasi baik di bidang akademik maupun non akademik,” harapnya. (Abel Kiranti/Humas)

Uniku Pasanggiri wanoja jajaka budaya

Komentar

Berita Terkait