662
Thursday, 23 July 2020 07:33 (2 bulan yang lalu)    Tulis Komentar

Rumah 2 Lantai Dilahap Si Jago Merah

Rumah 2 Lantai Dilahap Si Jago Merah

Bingkaiwarta, NUSAHERANG - Diduga akibat konsleting listrik, sebuah rumah dengan bangunan 2 lantai milik Toto Firmansyah (52) warga Blok Wage RT 13 RW 04 Desa Cikadu Kecamatan Nusaherang Kabupaten Kuningan dilahap si jago merah, Rabu (22/7/2020) sekitar pukul 23.15 WIB.

Kebakaran rumah tinggal dengan luas total kurang lebih 56 meter menurut keterangan dari Kepala UPT Damkar Satpol PP Kabupaten Kuningan M. Khadafi Mufti mengatakan, saksi mata Wahyudi (60 th) warga setempat mengatakan, sekitar pukul 23.15 WIB saat saksi sedang berjalan di depan rumah yang terbakar, saksi mendengar suara ledakan yang berasal dari bangunan lantai 2 , disusul dengan kepulan asap dan api yang kemudian membesar.

"Saat itu juga saksi membangunkan pemilik rumah yang memang tidak mengengetahui adanya kebakaran dari lantai 2. Penghuni rumah kemudian keluar menyelamatkan diri. Saksi memberitahukan kepada warga sekitar untuk melakukan pemadaman api dengan peralatan seadanya. Karena api sangat besar juga sudah membakar kabel listrik , dan listrik belum dimatikan warga tidak bisa berbuat banyak," kata Khadafi kepada bingkaiwarta.com, Kamis (23/7/2020) pagi.

kebakaran nusaherang

Beruntung dilokasi setempat ada warga yang merupakan anggota Satpol PP Kabupaten Kuningan, Ilham, dan langsung melaporkan kejadian kebakaran ke kantor UPT Pemadam Kebakaran Satpol PP Kab Kuningan pada pukul 23.50 WIB.

"Kami turunkan 2 unit randis kebakaran untuk memadamkan api tersebut. Dengan dibantu warga sekitar, aparat pemerintahan Desa Cikadu, anggota kepolisian sektor Kadugede, anggota Satpol-PP Kabupaten Kuningan, dan PLN Kuningan, akhirnya api baru dapat dipadamkan pada pukul 02.00 WIB.Penyebab kebakaran sementara diduga dari konsleting listrik dari lantai 2," jelasnya.

Dari kebakaran tersebut, pemilik rumah mengalami kerugian sebesar 125.500.000. "Alhamdulillah tidak ada korban jiwa. Namun, selain bangunan yang terbakar seluas 36 meter² pemilik rumah juga harus rela kendaraan roda duanya dengan merk Kawasaki ikut terbakar dan beberapa perabotan rumah tangganya," ungkap Khadafi.

Khadafi menghimbau kepada seluruh warga masyarakat agar lebih mewaspadai akan bahaya/potensi bahaya kebakaran yang bersumber dari listrik, tungku, gas atau hal lainnya. 

"Kepada pihak aparat pemerintan desa setempat agar menyediakan sistem proteksi kebakaran aktif seperti ; APAR (Alat Pemadam Api Ringan), tandon air, dll. Yang ditempatkan dimasing-masing Dusun/blok. Karena pencegahan dan penanggulangan bahaya kebakaran adalah kewajiban bersama," pungkasnya. (Abel Kiranti)

kebakaran si jago merah bangunan terbakar konsleting listrik

Komentar

Berita Terkait