Satreskrim Polres Kuningan Berhasil Amankan Pelaku Curat Dan Penggelapan Motor

By : BingkaiWarta - BingkaiWarta, 2017-01-19 15:48:35+07

Satreskrim Polres Kuningan Berhasil Amankan Pelaku Curat Dan Penggelapan Motor2.jpg

SH, alias Buyan, 25, pelaku penipuan dan penggelapan kendaraan bermotor, serta pelaku penipuan dan penggelapan kendaraan bermotor AA alias Alan, 33, yang berhasil diamankan jajaran Satreskrim Polres Kuningan.

 

Kuningan – Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Kuningan berhasil mengamankan satu orang pelaku sepesialis pencurian dengan pemberatan (Curat) yang kerap beraksi di wilayah Kuningan timur, sekaligus pelaku penipuan dan penggelapan kendaraan bermotor.

Hal itu disampaikan Kapolres Kuningan AKBP M. Syahduddy, diampingi Waka Polres Kompol Benny Bathara, Kasat Reskrim AKP Ujang Saputra, serta Kasubbag Humas Iptu Sunaryo dalam jumpa pers yang digelar di halaman ruang Satreskrim, Mapolres, Kamis (19/1).

Syahduddy membeberkan, penangkapan SH, alias Buyan, 25, warga Rt. 08/04, Kampung Dayeuh Kolot, Desa Cageur, Kecamatan Darma pelaku curat yang terjadi pada Senin, 19 Desember 2016 itu sendiri hanya berselang beberapa hari setelah tersangka melakukan aksinya.

“Pelaku SH yang merupakan residivis dan baru keluar dari penjara dengan kasus yang sama sekitar dua bulan lalu itu, kembali melakukan aksi curat di kediaman Elah Hayati, 40, warga Jalan Sayur Rt. 02/01, Desa Windujanten, Kecamatan Kadugede sekitar pukul 01.30 WIB, Senin 19 Desember 2016 silam, saat pemilik terlelap tidur,” tutur Syahduddy.

Pelaku beraksi, kata dia, dengan cara mencongkel jendela rumah korban menggunakan sebilah golok, kemudian langsung membawa kabur uang tunai sebesar Rp. 10 juta, dan 2 buah handpone, “Setelah mendapatkan laporan, kami langsung melakukan penyelidikan lebih dalam, serta melakukan olah TKP. Setelah dilakukan olah TKP, dan meminta keterangan kepada saksi-saksi, maka semua dugaan terarah kepada pelaku,” katanya.

Dari hasil penangkapan SH, polisi berhasil mengamankan barang bukti (Bb)berupa satu golok panjang, 2 unit hanphone berbagai merk, empat dus book Hp berbagai merk, sehingga kerugian korban, ditaksir sekitar Rp. 17 juta, “Atas perbuatannya ini pelaku dikenakan hukuman sesuai pasal 363 KUHP, tentang pencurian dan pemberatan dengan masa hukuman 7 tahun penjara,” ujar Syahduddy.

Sedangkan pelaku penipuan dan penggelapan kendaraan bermotor AA alias Alan, 33, warga Jalan Merapi D XII No. 63, Kelurahan Kecapi, Kecamatan Harjamukti, Kota Cirebon, setelah dirinya melakukan kejahatan terhadap korban Iik Hendrik Gojali, 31, warga Rt. 012/02, Dusun Cimulya, Desa Karangkamulyan, Kecamatan Ciawigebang, dan Furqonila Bin Tarjo, 23, warga Rt. 01/05, Dusun Payung, Desa Jatiroke, Kecamatan Songgon, Kabupaten Brebes, pada awal bulan januari 2017 ini.

“Modus operandi yang dilakukan pelaku adalah pura-pura mengaku sebagai PNS, dan berpura-pura ingin membeli kendaraan. Kejadian itu terjadi di dua tempat, yaitu di depan kantor Bapeda Kuningan, dan di belakang taman kota Kuningan,” ujar Sayhduddy.

Menurut Syahduddy, dalam aksinya pelaku meminta korban menyerahkan BPKB berikut STNK dengan alasan akan di cek ke kantor samsat, saat itu juga korban percaya, dan pelaku langsung pergi membawa kendaraan tersebut, namun setelah lama menunggu, pelaku tak kunjung mengembalikan kendaraan milik korban, akhirnya korbanpun sadar jika dirinya telah ditipu, serta langsung melaporkan kejadian itu ke pihak kepolisian.

Setelah pihak Polres Kuningan menerima laporan dari korban, lanjut dia, Satreskrim langsung bergerak dari mulai pendalaman saksi-saksi yang ada hingga melakukan pengejaran, dan berhasil menangkap pelaku di tempat kosnya di wilayah Kalitanjung, Cirebon.

“Dalam penangkapan itu petugas berhasil mengamankan barang bukti berupa satu unit kendaraan R4 Suzuki warna putih dengan nomor polisi E 1577 KR berikut kunci kontaknya, satu unit motor Kawasaki Ninja RR warna hitam tanpa nomor polisi, satu unit sepeda motor Kawasaki Ninja EX 250 warna merah tanpa nomor polisi, serta dua buah BPKB berikut STNK,” terangnya. (Elly Said)

 

3 years ago, by BingkaiWarta
Category : BERITA PILIHAN, SOSPOLHUKAM

Kontak Informasi BingkaiWarta.com

Redaksi : redaksi[at]bingkaiwarta.com
Iklan : iklan[at]bingkaiwarta.com











Berita Terkini

Categories