542
Wednesday, 05 May 2021 18:50 (1 bulan yang lalu)    Tulis Komentar

Satu Peti Uang Palsu Diamankan Polisi

Satu Peti Uang Palsu Diamankan Polisi

Bingkaiwarta, KUNINGAN - 9 (sembilan) orang terduga kasus penggandaan uang berhasil diamankan oleh jajaran Sat Reskrim Polres Kuningan, Rabu (5/5/2021). Penangkapan 9 terduga diawali dari laporan warga, setelah curiga adanya aktivitas peredaran uang palsu.

 

Kapolres Kuningan, AKBP Doffie Fahlevi Sanjaya melalui Kasat Reskrim Polres Kuningan AKP Danu Raditya Atmaja saat dimintai keterangan oleh awak media menjelaskan, setelah mendapat informasi dari warga, pihaknya langsung mendalami informasi tersebut. Setelah itu dilakukan penggerebekan di lokasi yang dicurigai warga sebagai tempat peredaran uang palsu. Ternyata setelah digerebek, petugas justru mendapati ratusan lembar uang mainan seratus ribuan.

 

“Iya pagi tadi sekitar jam 7 pagi, kita mendapatkan informasi kaitan dengan pengedar uang palsu. Namun setelah kita lakukan penggerebekan di sebuah vila daerah Linggarjati, ternyata kita temukan 920 lembar pecahan Rp 100 ribu uang mainan,” kata Kasat Reskrim.

 

Menurutnya, setelah dilakukan pengecekan memang ratusan lembar uang tersebut jauh dari yang asli. Bahkan di setiap lembar uang tersebut tercantum tulisan uang mainan.

 

“Jadi ini memang uang mainan yang didapatkan para pelaku dari daerah Indramayu. Memang modusnya ini penipuan untuk penggandaan uang, kita sedang cari korban-korbannya,” ujarnya.

 

Dikatakan Kasat, apabila modus yang dilakukan para pelaku yakni dengan meletakan ratusan lembar uang kertas di sebuah peti. Hanya posisi uang itu diletakan seolah-olah mirip dengan aslinya, sehingga tulisan uang mainan tidak terlihat.

 

“Jadi mereka ini menggunakan peti untuk menata uang itu sedemikian rupa, sehingga terlihat seperti asli. Padahal dibawah lembaran uang itu hanya kayu-kayu seukuran uang tersebut, jadi terlihatnya uang itu banyak, padahal dibawahnya kosong tidak terisi uang,” terangnya.

 

Upaya itu dilakukan pelaku, agar bisa mengelabui calon korban untuk menitipkan uang supaya digandakan.

 

“Pelaku ini menjanjikan kepada korban, jika menitipkan uang akan mendapatkan kembali uang tersebut dengan berlipat ganda. Jumlah pelaku ada 9 orang, kita masih dalam proses pemeriksaan apakah mereka menjadi tersangka atau tidak, kita masih cari juga para korban,” tuturnya.

 

Kasat menyebut, para pelaku berasal dari beberapa daerah seperti Indramayu, Majalengka, Ciamis dan Subang. "Jika terbukti bersalah, pelaku terancam pasal 378 tindak penipuan dengan ancaman hukuman 5 tahun penjara," tandasnya. (Abel Kiranti)

Uang palsu Satreskrim Polres kuningan Kuningan

Komentar

Berita Terkait