Sekda Kuningan Buka PORKAM XXI Desa Bayuning, Diharapkan Dapat Ditiru Oleh Desa Lain

By : BingkaiWarta - BingkaiWarta, 2019-06-06 22:57:54+07

Sekda Kuningan Buka sdseeww.jpg

Sekretaris Daerah Kabupaten Kuningan Dr. H. Dian Rachmat Yanuar, M.Si, menyalakan obor pada pembukaan Pekan Olahraga Antar Kampung (PORKAM) XXI Desa Bayuning, Kecamatan Kadugede, Kamis (06/06/2019) pagi.

 

Kuningan – Sekretaris Daerah Kabupaten Kuningan Dr. H. Dian Rachmat Yanuar, M.Si, buka secara langsung Pekan Olahraga Antar Kampung (PORKAM) XXI Desa Bayuning, Kecamatan Kadugede, di GOR Fatmawati Desa Bayuning, Kamis (06/06/2019) pagi.

Seremoni pembukaan berlangsung sangat sakral. Diawali dengan tradisi penyalaan api PORKAM yang disulut Sekda Kuningan di Halaman Gedung Sekretariat Daerah Kuningan pada sebuah obor yang dipegang seorang pemuda.

Obor tersebut kemudian diarak para pemuda Desa Bayuning sambil berlari secara estafet, sampai ke venue GOR Fatmawati, untuk menyalakan obor utama PORKAM.

Sejumlah pejabat daerah menghadiri giat ini. Diantaranya Ketua DPRD Kabupaten Kuningan Rana Suparman S.Sos, Kabid Olahraga Disporapar H. Nurjati, Kasi Pengembangan Pemuda Disporapar Cecep Suharna, S.AP, Ketua KONI Kuningan H. Unay Sunaryo, unsur Muspika Kadugede, Kepala Desa Bayuning Edi Supriadi, BA., serta tamu undangan lainnya.

Sekda Kuningan memberikan apresiasi positif kepada Himpunan Pemuda, Pelajar, dan Mahasiswa (HIPEMBA) Desa Bayuning selaku penyelenggara, sekaligus disampaikannya rasa bangga yang sangat luar biasa.

“Penyelenggaraan PORKAM Desa Bayuning merupakan peran generasi muda yang ditunjang oleh seluruh masyarakat telah mampu menempatkan diri sebagai basis potensi pemuda yang memiliki wawasan dan pandangan jauh kedepan dan dibuktikan dengan terwujudnya aktivitas yang sehat, dinamis dalam bentuk event olahraga,” tuturnya.

Dian berharap pelaksanaan PORKAM dapat berlangsung dengan bersih, jujur, dan senantiasa menjunjung tinggi nilai fair play supaya dapat menjadi sarana adu ketangkasan, keterampilan, dan prestasi yang berlandaskan pada semangat dan jiwa sportivitas, “Men Sana In Corporesano,” tuturnya.

Dirinya juga mengapresasi Pemerintah Desa Bayuning yang mampu membangun sarana fasilitas olahraga yang baik. Dia juga ingin acara semacam ini dapat diikuti oleh desa-desa lain di Kabupaten Kuningan.

Kepala Desa Bayuning Edi Supriadi, BA., didampingi Ketua Pelaksana PORKAM Cecep Suharna , S. AP, menjelaskan bahwa penyelenggaraan PORKAM ke-21 Desa Bayuning ini sebagai kegiatan nyata yang menyentuh untuk membangkitkan suasana yang produktif dan edukatif dalam mewujudkan kebersamaan antara pemuda dan seluruh masyarakat desa.

“Kegiatan PORKAM Desa Bayuning merupakan event olahraga rutin dua tahunan antar kampung. Yang diharapkan dapat menjalin silaturahmi yang erat masyarakat Desa Bayuning dengan para perantau yang baru saja mudik ke kampung halaman,” ungkapnya.

Adapun kegiatan PORKAM yang dilaksanakan tanggal 6 Juni sampai dengan 11 Juni 2019 terdiri dari 5 kontingen dari masing-masing Dusun. Yakni Dusun Wage, Puhun, Pahing, Kaliwon, dan Manis. Mereka akan memperebutkan 31 medali yang terdiri dari emas, perak dan perunggu.

Dengan mempertandingkan sejumlah cabang olahrga diantaranya bola voli sebagai olahraga unggulan Desa Bayuning, badminton, tenis meja, tenis lapangan, marathon, catur, dan futsal. Serta lomba olahraga tradisional seperti Engrang, Tarompah, dan Tarik Tambang.

Untuk diketahui, acara pamungkas penutupan PORKAM XXI Desa Bayuning juga akan menghelar panggung hiburan yang akan dimeriahkan oleh seni tradisional lokal desa setempat dan dipadu juga dengan kesenian modern, untuk menghibur seluruh warga desa. (Abel Kiranti)

3 months ago, by BingkaiWarta
Category : BERITA PILIHAN, OLAH RAGA

Kontak Informasi BingkaiWarta.com

Redaksi : redaksi[at]bingkaiwarta.com
Iklan : iklan[at]bingkaiwarta.com




















Berita Terkini

Categories