Sekertaris Formasi Tanggapi Balik Pernyataan Jaka Chaerul

By : BingkaiWarta - BingkaiWarta, 2020-01-10 10:30:33+07

Sekertaris Formasi Tanggapi sfsf.jpg

Sekertaris Forum Masyarakat Anti Kemaksiatan (Formasi) H. Nana Mulyana Latief, ST, (tengah) berdiskusi dengan rekannya, kemarin.

 

Kuningan – Sekertaris Forum Masyarakat Anti Kemaksiatan (Formasi) H. Nana Mulyana Latief, ST, kembali tanggapi pernyataan mantan Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Kuningan Drs. Jaka Chaerul, yang menyebut bahwa dinas terkait dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) telah memonitoring kafe dan tempat hiburan malam sebelum Formasi bergerak pada Rabu (8/1/2020) malam.

Menurut Nana, jika memang dinas terkait dan Satpol PP sudah bergerak sesuai apa yang diakui oleh Jaka, berarti pemerintah daerah telah gagal, karena saat Formasi bergerak masih banyak terjadi pelanggaran-pelanggaran yang dilakukan oleh pihak pengusaha hiburan malam.

“Saat kami monitoring tempat hiburan malam sekitar pukul 22.30 WIB kemarin masih banyak terjadi pelanggaran. Diantaranya, penjualan miras golongan A dan B. Berarti apa yang dilakukan oleh dinas terkait dan Satpol PP tidak diindahkan oleh para pengusaha tempat hiburan malam,” kata Nana kepada bingkaiwarta.com, Jumat (10/1/2020).

Nana menyatakan, pihaknya turun ke lapangan bukan untuk menjelekan pihak manapun termasuk pemerintah. Justru, untuk membantu pemerintah dalam menertibkan tempat hiburan malam.

Sebab, banyak terkumpul bukti-bukti pelanggaran yang dilakukan oleh para pengusaha tempat hiburan malam yang melanggar Perda No. 2 tahun 2013 tentang Penyelenggaraan Kepariwisataan, dan Perda No. 6 tahun 2014 tentang Pengendalian dan Pengawasan Minuman Beralkohol di Kabupaten Kuningan.

Disamping itu, Formasi sangat mengapresiasi tanggapan Jaka Chaerul yang kini menjabat sebagai Kepala Dinas Perhubungan, yang menyatakan bahwa pemerintah tidak tinggal diam dan akan memberikan sanksi kepada pengusaha hiburan malam termasuk penutupan.

“Kami sudah mengumpulkan banyak bukti pelanggaran yang dilakukan oleh pihak pengusaha hiburan malam. Untuk itu, kami akan menyerahkan bukti yang ada dengan sukarela apabila pemerintah serius akan bertindak tegas untuk menegakan perda dan memerangi kemaksiatan demi mewujudkan visi misi Bupati yang salah satunya adalah mewujudkan Kuningan sebagai Kabupaten Agamis,” ujarnya.

Tak hanya membantu memberikan bukti, namun kata Nana yang juga salah satu pentolan Perhimpunan Praktisi Hukum Indonesia (PPHI) Kuningan ini, pihaknya pun siap mendukung pemerintah menertibkan tempat hiburan malam melalui jalur hukum. Sebab saat ini, telah terkumpul banyak bukti pelanggaran yang dilakukan oleh para pengusaha tempat hiburan malam dan tinggal menunggu ketegasan dari pemerintah.

“Saat ini sudah terkumpul bukti-bukti pelanggaran yang dilakukan para pengusaha tempat hiburan malam, tinggal menunggu niat baik dari pemerintah untuk menegakan Perda yang ada,” ujarnya.

Sementara itu, terkait tidak perlu melibatkan Ormas atau LSM dalam monitoring tersebut merupakan hak pemerintah. Namun, kata Nana, pada saat audiensi beberapa waktu lalu, Bupati Kuningan telah berjanji dan mengizinkan Formasi untuk turut mengawal monitoring yang dilakukan pada hari Rabu kemarin.

“Saat audiensi Bupati Kuningan menyatakan kesediaan untuk kami kawal saat monitoring. Terkait pernyataan Jaka yang menganggap telah menjelekan pemerintah hanyalah sebuah ketidaktahuan karena saat audiensi kemarin beliau tidak hadir,” pungkas Nana.

Sebelumnya, mantan Kepala Disporapar Kabupaten Kuningan Drs. Jaka Chaerul, menyanggah pernyataan Sekertaris Formasi Kabupaten Kuningan yang menyebutkan aksi monitoring ke kafe dan tempat hiburan pada Rabu (8/1/2020) malam, tidak didampingi oleh dinas terkait khususnya Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Kuningan.

Jaka menyatakan, sebetulnya pihaknya pun hadir dengan kepala seksi dan stafnya, juga dari Kasat Pol PP yang didampingi oleh Kabid Gakda, Kasi PPNS dan Kasi Ops serta beberapa orang anggota, Kadis DPMPTSP beserta Kabid Perizinan, dan dari Inspektorat. (Abel Kiranti)

Baca Juga : Jaka Chaerul Sanggah Pernyataan Sekertaris Formasi

12 days ago, by BingkaiWarta
Category : BERITA PILIHAN, SOSPOLHUKAM

Kontak Informasi BingkaiWarta.com

Redaksi : redaksi[at]bingkaiwarta.com
Iklan : iklan[at]bingkaiwarta.com














Berita Terkini

Categories