465
Wednesday, 04 November 2020 16:07 (3 minggu yang lalu)    Tulis Komentar

Sembilan Paguron Tampil Diajang Pestival Pasanggiri Silat Tingkat Kabupaten

Sembilan Paguron Tampil Diajang Pestival Pasanggiri Silat Tingkat Kabupaten

Bingkaiwarta, KUNINGAN - Dalam rangka persiapan menghadapi Festival Pasanggiri Silat Tingkat Jawa Barat tahun 2020, Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Kuningan menggelar kegiatan Festival Pasanggiri Silat Tingkat Kabupaten Kuningan Tahun 2020 di Hotel Ayong Linggarjati Kuningan, Rabu (4/11/2020). 
 
Acara dibuka dan diresmikan oleh Bupati Kuningan H. Acep Purnama dengan Pemukulan Goong secara simbolis. Turut hadir dalam acara tersebut, Wakil Bupati Kuningan Muhammad Ridho Suganda, Sekretaris Daerah Kabupaten Kuningan Dr. H. Dian Rachmat Yanuar, Kapolres Kuningan AKBP Lukman Syafri Dandel Malik, Kasdim 0615/Kuningan Mayor Inf Dedy Suhardjito, Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Kuningan Dr. H. Toto Toharuddin, Ketua Umum Koni Kabupaten Kuningan Drs. H. Enay Sunaryo, Ketua Umum Pengcab IPSI Kabupaten Kuningan Dr. Ukas Suharfaputra, beserta jajaran, dan Para Ketua Paguron, Pelatih serta Para Atlet Peserta Festival Pasanggiri Silat.
 
Pencak Silat merupakan sebuah warisan seni budaya yang bersumber dari masyarakat asli Bangsa Indonesia, di samping itu pencak silat bukan saja merupakan bentuk olahraga yang menyehatkan, tetapi juga merupakan dipelihara alias "dimumule".
 
Secara organisasi, pembinaan cabang olahraga Pencak Sat khususnya di Kabupaten Kuningan dilaksanakan oleh Pengcab IPSI Kabupaten Kuningan, dimana paguron-paguron yang menjadi anggota ipsi adalah ujung tombak pembinaan olahraga Pencak Silat.
 
Ketua panitia penyelenggara, Dr. Toto Toharudin mengatakan, peserta yang mengkuti kegiatan Pasanggiri Tingkat Kabupaten Kuningan Tahun 2020 adalah Paguron-paguron silat yang ada di Kabupaten Kuningan. Adapun jumlah paguron yang mengikuti kegiatan ini adalah sebanyak 9 paguron, dan untuk jumlah peserta sebanyak 46 orang dimana yang akan keluar juara nanti akan menjadi perwakilan Kabupaten Kuningan untuk mengikuti Festival Pasanggiri Silat Tingkat Jawa Barat tahun 2020 yang akan dilaksanakan secara virtual.
 
"Festival Pasanggiri Silat Tingkat Kabupaten Kuningan Tahun 2020 ini mempertandingkan nomor pertandingan TGR dengan kategori penampilan perorangan, penampilan berpasangan dan penampilan perorangan sesepuh. Dan, dimana yang keluar sebagai juara nanti akan menjadi perwakilan Kabupaten Kuningan untuk mengikuti Festival Pasanggiri Silat Tingkat Jawa Barat Tahun 2020 yang dilaksanakan secara virtual," jelasnya.
 
Sementara itu, Bupati Kuningan H. Acep Purnama berharap, dengan adanya Festival Pasanggiri Silat tingkat Kabupaten Kuningan tahun 2020 ini dapat melahirkan atlet berprestasi sehingga Pencak Silat Kabupaten Kuningan bisa meraih hasil yang maksimal pada Festival Pencak Silat tingkat Jawa Barat tahun 2020.
 
“Saya mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Disporapar Kabupaten Kuningan, Koni Kabupaten Kuningan. Pengcab IPSI Kabupaten Kuningan, dan para pelatih silat dari semua paguron yang ada di kabupaten yang telah bahu membahu bersama-sama membina para atlet Pencak Silat yang ada di Kabupaten Kuningan. Semoga dengan Festival Pasanggiri Silat ini bisa mempererat rasa kebersamaan dan kekompakan untuk sama-sama memajukan pencak silat kabupaten kuningan” pungkas Bupati Kuningan. (Abel Kiranti)
Disporapar Silat Pencaksilat Paguron Festival Kuningan

Komentar

Berita Terkait