338
Monday, 16 November 2020 07:40 (1 minggu yang lalu)    Tulis Komentar

Si Jago Merah Hanguskan Kandang dan 3 Ekor Sapi

Si Jago Merah Hanguskan Kandang dan 3 Ekor Sapi

Bingkaiwarta, CIGUGUR - Warga Kelurahan Cipari dikagetkan dengan kepulan asap tebal yang berasal dari kandang sapi milik Aday (63) warga Blok Sukasari RT 01 RW 01 Kelurahan Cipari, Kecamatan Cigugur, Kabupaten Kuningan, Minggu (15/11/2020)
sekitar pukul 20.00 WIB.
 
Menurut keterangan dari Kepala UPT Damkar Satpol PP Kabupaten Kuningan, Mh. Khadafi Mufti, penyebab kebakaran diduga berasal dari sisa bara api di tungku yang berada di sekitar kandang sapi. Karena angin sangat kencang, bara api kemudian merambat ke tumpukan kayu dan jerami kering . 
 
"Berdasarkan keterangan Bapak Aday selaku saksi dan pemilik kandang, sekitar pukul 15.30 WIB pemilik melakukan kegiatan seperti biasa. Yaitu, memberi pakan sapi dan memeras susu sapi, dan saksi pun sudah biasa sebelum melakukan kegiatan tersebut selalu masak air di tungku yang berada di kandangnya bahkan sampai giat kebiasaan sore harinya tersebut tungku selalu menyala hingga kegiatannya selesai sekitar pukul 19.00 WIB. Setelah itu, Bapak Aday pun pulang kerumah dan istrahat," jelas Khadafi kepada bingkaiwarta.com, Senin (16/11/2020) pagi.
 
Khadafi melanjutkan, sekitar pukul 20.00 WIB, warga yang sedang berada dijalan desa, melihat asap tebal dan api yang berasal dari kandang milik Bapak Aday . Kemudian Salah seorang warga, Gugum (31 th) memberi tahu kepada pemilik kandang, bahwa kandang sapinya terbakar. "Akhirnya Bapak Aday bersama-sama dengan warga sekitar dan aparat pemerintahan desa berusaha memadamkan api dengan menggunakan peralatan seadanya. Karena lokasi di lokasi kebakaran pemukiman sangat padat kandang, dan khawatir akan merambat ke bangunan lainnya, Gugum pun melaporkan kejadian kebakaran ke kantor UPT Damkar Satpol PP Kabupaten Kuningan (0232) 871113," terangnya.
 
Saat Petugas Damkar dan Randis Damkar tiba di TKP, lokasi kebakaran berada di pemukiman padat penduduk, dan jauh dari jalan raya. Dan, dilokasi peternakan sapi sama sekali tidak ada sistem proteksi kebakaran aktif /pasif ( Apar, Tandon Air untuk kebakaran dll). 
 
Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa kebakaran ini. Hanya saja, pemilik kehilangan sapinya sebanyak 8 ekor. 3 ekor sapi meninggal dan 5 mengalami luka bakar. Sehingga total kerugian sekitar 165 juta. (Abel Kiranti)
Damkar cipari Kandang Sapi Kebakaran Kuningan

Komentar

Berita Terkait