197
Saturday, 17 October 2020 12:27 (1 minggu yang lalu)    Tulis Komentar

Siswa Dilarang Ikut Unras dan Berbuat Anarkis

Siswa Dilarang Ikut Unras dan Berbuat Anarkis

Bingkaiwarta, CILIMUS - Dalam rangka Mengantisipasi Keterlibatan Peserta Didik Dalam Aksi Unjuk Rasa Yang Berpotensi Kekerasasan, Polres Kuningan telah melaksanakan kegiatan FGD ( Focus  Group Discusion ), di Hotel Ayong, Desa Linggasana, Kecamatan Cilimus, Kabupaten Kuningan, Jumat (16/10/2020).
 
Acara tersebut diikuti oleh ± 30 orang peserta, dengan dihadiri oleh Kapolres Kuningan AKBP Lukman Syafri Dandel Malik, Kapolsek Cilimus AKP Abdul Majid, Kasat Binmas Polres Kuningan AKP Budi Hartono, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Drs. H. Uca Somantri, Kabid Kesmas Dinkes Kab. Kuningan H. Yayat Hidayat, KBO Sat Binmas Polres Kuningan Iptu Deden dan undangan lainnya.
 
Kapolres Kuningan AKBP Lukman Syafri Dandel Malik menuturkan, dalam kegiatan tersebut, segenap elemen masyarakat terutama di bidang pendidikan, harus turut mendukung menciptakan situasi Kamtibmas yang aman dan kondusif. 
 
"Kegiatan tersebut diharapkan dapat menggiatkan kembali peran guru dalam mencegah anak berhadapan dengan hukum khususnya mencegah siswa agar tidak ikut unjuk rasa atau bahkan bertindak anarkis," tutur Kapolres Kuningan kepada bingkaiwarta.com, Sabtu (17/10/2020).
 
Adapun pemaparan materi disampaikan oleh Kabid Kesmas Dinkes Kabupaten Kuningan tentang Sosialisasi SKB4 Menteri Tentang Protokol Kesehatan Penyelenggaraan Pembelajaran Pada Tahun Ajaran dan Tahun Akademik Baru pada Pandemi Covid-19.
 
"Untuk peserta terdiri dari perwakilan sekolah tingkat SMA/SMK/MA, Wakasek Bidang Kesiswaan dan Wakasek Bidang Kurikulum sebanyak 25 orang," ujarnya.
 
Dikatakan Kapolres, hasil yang di sepakati dari kegiatan FGD kemarin, diantaranya anak didik harus mempunyai karakter yang baik dengan memberikan edukasi yang baik pada siswa, Kriteria uji anak adalah usia 18 tahun (sehingga yang di bawah usia 18 tahun tidak boleh ikut UNRAS), Sesuai dengan Undang-undang No. 23 tahun 2002 anak -anak adalah yang usianya belum 18 tahun, dan  sesuai Permendikbud No. 82 tahun 2015 pelaksana Didik wajib menjamin keamanan, keselamatan dan kenyamanan peserta didik di sekolah.
 
"Selain itu, sesuai Permendikbud No. 30 tahun 2019 pelaksana didik dan orangtua harus berperan terhadap kegiatan peserta didik. Dan, sesuai surat edaran Mendikbud No. 9 tahun 2019 tentang pencegahan keterlibatan peserta didik dalam aksi UNRAS atau Demo," terang AKBP Lukman Syafri. (Abel Kiranti)
FKD SISWA PELAJAR POLISI SKB48 CILIMUS KUNINGAN POLRES UNRAS

Komentar

Berita Terkait