Stok Garam Berkurang, Harga Naik Dua Kali Lipat

By : BingkaiWarta - BingkaiWarta, 2017-08-12 19:28:58+07

Pasokan Garam di Pasar PS.jpg

Kurangnya pasokan garam dari distributor pengaruhi ketersediaan garam di Pasar Tradisional Kabupaten Kuningan.

 

Kuningan – Berkurangnya pasokan garam dari distributor sebabkan stok garam di beberapa pasar tradisonal Kabupaten Kuningan mulai langka.

Seorang pedagang di Pasar Baru Kuningan Ela,40, mengatakan, kelangkaan garam terjadi sudah hampir lebih satu minggu yang lalu. Yang tersedia hanya garam kemasan pabrik, itu pun mulai menipis persediaannya, “Ini sudah hampir satu minggu lebih garam langka. Saya kurang tahu penyebabnya apa, soalnya dikirim dari distributornya juga berkurang,” kata Ela kepada BINGKAI WARTA, Sabtu (12/8/2017).

Ela mengaku, selain langka harga di tingkat grosir maupun eceran juga mengalami kenaikan hingga dua kali lipat. Satu kemasan kecil yang biasa dijual Rp 1.000/bungkus kini naik menjadi Rp 3.000, “Bahkan ada juga yang menjual lebih dari itu. Yang jelas saat ini stok garam sudah mulai langka,” jelasnya.

Sementara itu, di tempat berbeda, hal yang sama diungkapkan oleh Yayah, 35, salah satu pedagang di wilayah Kecamatan Ciawigebang. Ia membenarkan bahwa harga garam tengah mengalami kenaikan.

“Stok sih masih ada, hanya saja harganya naik dua kali lipat," ujar Yayah.

Yayah mengatakan, meskipun stok masih mencukupi, namun harganya itu cukup melambung. Garam kasar yang biasanya dijual seharga Rp 3.000/kg, sekarang naik menjadi Rp. 6.000/kg. Sedangkan garam halus yang biasanya dijual Rp 1.000/bungkus, kini naik menjadi Rp. 2.000/bungkus.

Kondisi tersebut dikeluhkan oleh pembeli. Febriana pun mengaku bingung saat stok garam di rumahnya habis, “Tak biasanya garam cepat habis, bingung juga kok bisa langka garam ya. Padahal sebelumnya tidak pernah terjadi,” ungkapnya.

Febriana menambahkan, meskipun garam harus naik harganya, namun hal itu tidak masalah bagi dirinya, yang penting stok garam tersedia, “Saya kan gak mungkin kalau masak tidak menggunakan garam,” ujar Febriana. (Elly Said)

11 days ago, by BingkaiWarta
Category : BERITA PILIHAN, EKONOMI

Kontak Informasi BingkaiWarta.com

Redaksi : redaksi[at]bingkaiwarta.com
Iklan : iklan[at]bingkaiwarta.com



Berita Terkini

Warga Adat Sunda Wiwitan Tetap Tolak Eksekusi
8 hours ago, by : BingkaiWarta
Pengurus LSM Penjara Dikeroyok Ormas
11 hours ago, by : BingkaiWarta
Agenda Study Banding Wakil Rakyat Dikritik
12 hours ago, by : BingkaiWarta
Bupati Kuningan Lepas Calon Jemaah Haji Kloter 86
14 hours ago, by : BingkaiWarta

Categories