373
Tuesday, 22 December 2020 19:43 (1 bulan yang lalu)    Tulis Komentar

Taat Bayar Pajak Diganjar Motor

Taat Bayar Pajak Diganjar Motor

Bingkaiwarta, CIGUGUR - Pemerintah Kabupaten Kuningan melalui Badan Pengelolaan Pendapatan Daerah (Bappenda) memberikan apresiasi kepada Kecamatan/Kelurahan/Desa Berprestasi dalam Pemungutan Pajak Bumi dan Bangunan Sektor Perdesaan dan Perkantoran Tahun 2020 di Hotel Purnama Mulia Cigugur, Selasa (22/12/2020).
 
Pemberian apresiasi dan penghargaan tersebut diberikan dalam bentuk sepeda motor bagi kecamatan yang terdepan, termaju dan tercepat dalam penyelesaian Pajak Bumi dan Bangunan baik pedesaan maupun perkotaan. Dengan tujuan sebagai salah satu motivasi agar cepat dalam pengelolaan pajak dan sosialisasi untuk mensukseskan pembangunan.
 
Panitia Penyelenggara yang juga Kepala Bappenda Kabupaten Kuningan, Drs. Apang Suparman menjelaskan, satu hal yang cukup membanggakan bagi pemerintah Kabupaten Kuningan yaitu meski dalam situasi dan kondisi pandemi target PBB yang telah ditetapkan dalam APBD tahun 2020 sebesar RP 30,2 milyar. Pada minggu pertama bulan Desember dapat terealisasi 100 persen hal tersebut menggambarkan adanya tingkat kepatuhan dan ketaatan masyarakat Kabupaten Kuningan secara umum atas kewajiban membayar PBB.
 
”Sangat baik untuk dimaklumi bahwa target PBB dalam APBD  perubahan tidak mengalami koreksi atau penurunan, bahkan capaian realisasi PBB  diharapkan mampu memberikan kontribusi untuk capaian akumulasi pajak daerah tahun 2020,“ jelas Apang.
 
Dikatakannya, keberhasilan tersebut tentunya merupakan kerja keras bersama yang ditopang oleh tingkat kesadaran masyarakat dalam memenuhi kewajiban membayar PBB. "Dengan keberhasilan tersebut, Pemerintah Daerah Kabupaten Kuningan memberikan apresiasi dan penghargaan bagi Kecamatan dan Desa/ Kelurahan yang berprestasi dalam pengelolaan administrasi dan percepatan pelunasan PBB tahun 2020 melalui penilaian tim dengan hasil akhir," ungkapnya.
 
Bupati Kuningan, H. Acep Purnama dalam sambutannya menyampaikan, pada tahun ini yang dapat dianggarkan sebanyak 70 unit kendaraan roda dua, masing-masing sebanyak 12 unit kendaraan akan diberikan kepada kecamatan berprestasi dalam Pengelolaan PBB yang terbagi dalam kategori target, 55 unit kendaraanan untuk desa yang berprestasi dan 3 unit kendaraan untuk kelurahan yang berprestasi dalam pengelolaan PBB. 
 
“Jumlah kendaraan akan terus kami penuhi tentunya disesuaikan dengan jumlah anggaran yang tersedia. Harapan saya, secara bertahap seluruh kecamatan, desa dan kelurahan di Kabupaten Kuningan akan mendapatkan kendaraan operasional yang pendistribusiannya mengacu pada capaian prestasi dalam pengelolaan pajak bumi dan bangunan,” terang Bupati Kuningan.
 
Ia juga mengatakan, dengan kegiatan ini apresiasi atau prestasi bukanlah tujuan akhir, tetapi meningkatkan kesadaran masyarakat untuk berkewajiban wajib pajak serta meningkatnya rasa tanggung jawab dari aparat selaku pengelola pajak itu lebih penting dan diutamakan.  
 
“Perlu saya akui bahwa tingkat kesadaran masyarakat di sektor perdesaan masih jauh lebih baik dari masyarakat sektor perkotaan. Hal ini dapat dilihat dari capaian realisasi atas potensi pajak bumi dan bangunan sektor perdesaan yang hampir mencapai 100%, dan untuk perjalanan pengelolaan PBB Tahun 2020 sebagaimana data yang disampaikan oleh Bappenda bahwa terapi desa di seluruh bahwa target pelunasan, sementara masih banyak tersisa piutang PBB yang masuk klasifikasi sektor perkotaan," ujarnya.
 
Bupati juga menyampaikan, agar hadiah digunakan untuk menunjang operasional kegiatan kedinasan sekretaris kecamatan di wilayah kecamatan masing-masing dan hindari penyalahgunaan setoran PBB atau penyalahgunaan keuangan lainnya yang dapat berdampak pada penerapan sangsi hukum oleh aparat penegak hukum, karena hal ini dapat mengakibatkan menurunnya tingkat kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah daerah.
 
Dalam acara tersebut, dilakukan penyerahan Piagam Penghargaan dan Penyerahan Kunci Kendaraan Bermotor sebanyak 72 Unit yang diserahkan kepada Kecamatan Pasawahan, Kelurahan Windusengkahan Kecamatan Kuningan, dan Desa Bojong Kecamatan Kuningan.
 
Turut hadir dalam acara tersebut, Wakil Bupati Kuningan Muhammad Ridho Suganda, Ketua DPRD Kabupaten Kuningan Nuzul Rachdy, Dandim 0615/Kuningan Letkol Czi David Nainggolan, Kapolres Kuningan AKBP Lukman Syafri Dandel Malik, Ketua Pengadilan Negeri Kuningan, Pimpinan BJB Cabang Kuningan, serta Camat, Lurah dan Kepala Desa se-Kabupaten Kuningan. (Abel Kiranti)
Pajak Bappenda Kuningan cigugur Pbb

Komentar

Berita Terkait