Tahun 2017 BNNK Kuningan Siap Berlari Laksanakan Program P4GN

By : BingkaiWarta - BingkaiWarta, 2017-01-11 19:43:16+07

Tahun  2017 BNNK Kuningan Siap Berlari.jpg

BNN Kabupaten Kuningan kini telah mendapat fasilitas dari BNN RI yaitu sebuah mobil operasional lapangan yang multifungsi.

 

Kuningan – Mengutip pernyataan kepala BNN RI Komjen Budi Waseso bahwa Narkoba adalah kejahatan luar biasa, maka dari itu tidak bisa ditangani dengan usaha yang biasa saja. Dari pernyataan tersebut diturunkan kebeberapa program realistis dan sarana prasarana hingga ke daerah yaitu BNN Provinsi dan BNN Kabupaten seluruh Indonesia.

Seperti contohnya untuk BNN Kabupaten Kuningan kini telah mendapat fasilitas dari BNN RI yaitu sebuah mobil operasional lapangan yang multifungsi, mobil pemberdayaan masyarakat yang berupa ini tidak sebatas untuk transportasi, namun dapat sebagai diseminasi informasi karena dilengkapi dengan TV LED 32 Inci, serta toilet yang berfungsi untuk tes urine, sehingga untuk mendeteksi seseorang pakai narkoba atau tidak bisa dilakukan kapan saja.

Untuk  program BNNK Kuningan tahun 2017 ini dikatakan oleh PLT (Pelaksana Tugas) Rikhi Madya Puspita, S.STP, M.Si sebagian besar program masih sama seperti tahun lalu yaitu advokasi, diseminasi, pemberdayaan masyarakat, rehabilitasi, pasca rehabilitasi, rawat lanjut, dan pemberantasan.

Namun ada yang berbeda untuk bidang pemberdayaan masyarakat, yaitu pada tahun 2017 ini akan diadakan pelatihan life skill bagi kawasan rawan narkoba, artinya masyarakat yang tinggal dikawasan rawan produksi atau perdagangan narkoba akan dibina BNN supaya tidak hanya mengalihkan mata pencaharian ke bidang lain yang lebih produktif, melainkan juga mampu untuk lepas dari jeratan narkoba yang selalma ini rawan didaerahnya.

“Demikian pula untuk bidang pemberantasan, ada yang berbeda adalah BNNK kini diberikan wewenang lebih luas, yaitu dimana tahun-tahun sebelumnya hanya terbatas hingga tahap penyelidikan, namun sekarang sampai tahap penyidikan atau P21, hingga  tahap pemberkasan,” kata Rikhi.

Sementara itu ditanya mengenai pergantian Kepala BNNK Kuningan Rikhi mengatakan, untuk masalah pengganti, semua diserahkan kepada Baperjakat (Badan Pertimbangan jabatan dan Kepangkatan) BNN RI.

“Siapapun pengganti kepala semoga meningkatkan prestasi yang telah dicapai pada tahun-tahun sebelumnya. Sambil menunggu pelantikan kepala baru, maka diangkatlah PLT yang ditugaskan kepada dirinya sebagai Kasubag Umum untuk menggantikan tugas kepala sementara waktu agar organisasi tetap berjalan semestinya,” ujarnya.

Dia berharap kepala yang baru dapat membawa BNNK Kuningan lebih baik lagi, “Semua program berjalan dengan baik dan tentunya membantu PemKab Kuningan dalam melaksanakan program P4GN (Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba) diwilayah Kabupaten Kuningan,” pungkas Rikhi. (Tatang Budiman).

 

 

3 years ago, by BingkaiWarta
Category : BERITA PILIHAN, SOSPOLHUKAM

Kontak Informasi BingkaiWarta.com

Redaksi : redaksi[at]bingkaiwarta.com
Iklan : iklan[at]bingkaiwarta.com











Berita Terkini

Categories