4,900
Friday, 22 May 2020 14:38 (dalam 1 minggu)    Tulis Komentar

Tak Indahkan Aturan PSBB, Satpol PP Tutup Paksa Toko Ria Busana

Tak Indahkan Aturan PSBB, Satpol PP Tutup Paksa Toko Ria Busana

Bingkaiwarta, Kuningan - Toko Ria Busana yang berada di Jalan Siliwangi Kuningan ditutup paksa oleh Tim Gabungan Patroli PSBB yang terdiri dari Satpol PP Kabupaten Kuningan, Polres Kuningan dan Kodim 0615 Kuningan, Jumat (22/5/2020).

Menurut Kabid Penegakan Perda (Gakda) Satpol PP Kabupaten Kuningan, Ujang Jaidin, penutupan toko tersebut karena melanggar peraturan PSBB yang sudah ditetapkan pihak pemda.

“Toko tersebut juga tidak mengindahkan protokoler pencegahan Covid-19 dimana pengunjungnya yang tidak menggunakan APD. Selain itu banyak anak di bawah umur yang dibawa orangtuanya berbelanja juga tidak menggunakan masker,” katanya.

Padahal, lanjutnya, pihaknya sudah tiga kali memberikan imbauan ke managemen toko agar meminta pengunjung untuk memperhatikan anjuran pemerintah, tetapi kelihatannya pihak toko tidak mempedulikannya.

“Pelanggaran lainnya, pihak toko juga memang menyedikan tempat cuci tangan tetapi tempat tersebut letaknya tersembunyi sehingga tidak kelihatan,” ungkap Ujang.

Dikatakannya, semua imbauan tersebut semata-mata untuk memutus rantai penyebaran Covid-19 agar percepatan penanganan wabah viris corona secara signifikan cepat selesai.

Di tempat yang sama, Kabag Ops Polres Kuningan, Kompol Tri Sumarsono mengatakan, pihak Polres bersama Kodim 0615 dan Satpol PP sudah bebeapa kali melaksanakan Gabungan Patroli PSBB untuk mengawal pelaksanaan aturan PSBB di Kabupaten Kuningan.

Salah satunya, tambahnya, mengecek langsung ke lokasi toko-toko mana yang melaksanakan social distancing dan physical distancing atau tidak.

“Tadi saat di Toko Ria Busana kami juga mengingatkan pihak managemen untuk mentaati auran PSBB, tetapi mereka tidak terima ya sudah kita paksa tutup,” katanya.

Penutupan paksa Toko Ria Busana juga dibenarkan Juru Bicara Gugus Tugas Pencegahan Covid-19, Agus Mauludin.

Dikatakannya, pihaknya telah melakukan tindakan tegas dengan menutup paksa Toko Ria Busana yang terletak di Jalan Siliwangi.

Penutupan tersebut, kata dia, karena toko tersebut telah melanggar aturan PSBB seperti yang teleh diatur dalam Perbup No. 26 thn 2020 tentang PSBB Kabupaten Kuningan dan SE Bupati No. 511/1387/KOPDAGPERIN tentang Penutupan Toko.

“Salah satu pelanggaran dimaksud yakni tidak diterapkannya protokol kesehatan terkait Covid 19," tandasnya.

Masih kata Agus, selain itu toko ini juga tidak mampu menerapkan atau mengatur social dan physikal distancing, seperti pengunjung banyak yang tidak menggunakan masker, tidak tersedianya tempat cuci tangan dan penyedian hand sanitizer.

Imbauan yang sama, tambah dia, juga telah dilayangkan ke Yogya Toserba dan Surya Toserba dan ternyata kedua toko tersebut telah mematuhi aturan PSBB.

“Tapi seandainya Yogja dan Surya melanggar aturan PSBB seperti Ria Busana, maka sanksi yang sama diberlakukan juga kepada dua toko tersebut,” tegas Agus.

Saat ditanya sampai kapan penutupan Ria Busana, ia mengatakan, penutupan toko tersebut sampai waktu yang tidak terbatas.

(Abel Kiranti)

PSBB Satpol PP Segel Toko Ria Busana Kabupaten Kuningan Gugus Tugas Covid-19 Ria Busana

Komentar

Komentar telah di non-aktifkan untuk postingan ini

Berita Terkait