Tanah Longsor Yang Terjadi Di Desa Cinagara Sebabkan Satu Tembok Rumah Warga Tertimpa Material Tanah Hingga Jebol

By : BingkaiWarta - BingkaiWarta, 2017-01-29 15:28:43+07

Tanah Longsor Yang Terjadi Di Desa Cinagara Sebabkan Satu PS.jpg

Kondisi bagian belakang rumah Taswa, 46, warga Rt. 021/006, Dusun Pangbuyutan, Desa Cinagara, Kecamatan Lebakwangi, yang tertimpa tanah longsor, Sabtu (28/1), sekitar pukul 16.30 WIB.

 

Kuningan – Wilayah timur Kabupaten Kuningan yang kembali diguyur hujan dengan intensitas cukup tinggi. Hal itu menyebabkan tebing setinggi 3 meter alami longsor dan menimpa rumah milik Taswa, 46, warga Rt. 021/006, Dusun Pangbuyutan, Desa Cinagara, Kecamatan Lebakwangi, Sabtu (28/1), tepatnya pukul 16.30 WIB.

Menurut Eyo Tarya, salah satu anggota Tagana yang berada dilokasi kejadian mengatakan, sebelumnya, wilayah tersebut diguyur hujan deras selama empat jam. Sekitar pukul 16.30 WIB, kata dia, bencana longsor terjadi dan menimpa rumah Taswa hingga temboknya jebol.

“Disaat cuaca seperti ini, terutama ketika hujan, rentan sekali terjadi bencana. Seperti yang menimpa rumah Taswa, tanah dibelakang rumahnya yang terus – terusan diguyur air, lama kelamaan akan menjadi labil. Itu pemicu terjadinya longsor,” kata Eyo.

Paska kejadian tersebut, Eyo yang langsung datang ke lokasi menghimbau kepada pemilik rumah agar mengosongkan rumahnya terlebih dahulu. Demi  menjaga keamanan karena bangunan tembok belakang rumah yang sudah jebol.

Eyo meminta agar segera melakukan evakuasi bagi pemilik rumah, untuk meninggalkan huniannya itu hingga kondisi kembali netral, “Kami himbau untuk mengungsi ke rumah sodara atau kerabat yang cukup aman,” tambah Eyo.

Sementara itu, tim Tagana dibantu aparat desa dan warga sekitar bencana, sesaat setelah hujan reda, langsung melakukan pembersihan material lelongsoran tanah dengan peralatan seadanya dan tembok rumah yang jebol, dilakukan penutupan dengan menggunakan terpal. (Elly Said)

3 years ago, by BingkaiWarta
Category : BERITA PILIHAN, SOSPOLHUKAM

Kontak Informasi BingkaiWarta.com

Redaksi : redaksi[at]bingkaiwarta.com
Iklan : iklan[at]bingkaiwarta.com











Berita Terkini

Categories