268
Thursday, 06 May 2021 19:10 (1 bulan yang lalu)    Tulis Komentar

Tiga Kelompok Mahasiswa Uniku Lolos Program KBMI Kemendikbud RI

Tiga Kelompok Mahasiswa Uniku Lolos Program KBMI Kemendikbud RI

Bingkaiwarta, KUNINGAN - Baru saja kemarin mahasiswa Universitas Kuningan (Uniku) menorehkan tiga (3) prestasi yang didapat dari Lomba Prosiding tingkat nasional, Program International Youth 2021 di Kuala Lumpur Malaysia dan Program Transfer Credit Internasional, kali ini kampus yang menjadi kebangaannya masyarakat Kabupaten Kuningan kembali menorehkan prestasi tingkat nasional tahun 2021.

 

Prestasi nasional tersebut kembali ditorehkan oleh tiga (3) kelompok mahasiswa dan mahasiswi Universitas Kuningan (Uniku) yang dinyatakan lolos pada program Kegiatan Berwirausaha Mahasiswa Indonesia atau disingkat dengan nama “KBMI”.

 

Program KBMI yang digulirkan oleh Direktorat Jenderal (Dirjen) Pendidikan Tinggi (Dikti) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemendikbud RI) berhasil ditorehkan oleh tiga (3) kelompok mahasiswa dan mahasiswi Uniku.

 

“Alhamdulillah, berdasarkan surat keputusan Dirjen Dikti Kemendikbud RI nomor 1909/E2/KM.12/2021 perihal pengumuman lolos seleksi KBMI tahun 2021 yang diterima oleh Kantor Pusat Pengembangan Kewirausahaan (KP2K) Universitas Kuningan (Uniku), dinyatakan ada tiga (3) kelompok mahasiswa dari Uniku yang berhasil lolos pada program tersebut. Ini menambah kabar baik, kegembiraan kebahagiaan dan menjadi kebanggan lagi bagi kami,” kata Dr. Novi Satria Praja, M.Pd., selaku Wakil Rektor IV Universitas Kuningan (Uniku) saat dimintai keterangan usai mengikuti kegiatan pembukaan seleksi pemilihan mahasiswa berprestasi (Pilmapres) tingkat Universitas tahun 2021 di Ruang Rapat Gedung Rektorat, Kamis (06/05/2021).

 

Menurutnya, program KBMI itu sendiri menitik beratkan pada orientasi ide, proses dan hasil usaha. “Tahapan KBMI tahun 2021 meliputi sosialisasi, workshop, penerimaan usulan usaha, seleksi, penetapan penerima bantuan KBMI, pendampingan wirausaha, penilaian kemajuan pelaksanaan usaha dan Expo KBMI sebagai puncak rangkaian kegiatan KBMI,” ujarnya.

 

Diterangkannya, program KBMI dapat diikuti oleh mahasiswa aktif dari perguruan tinggi tingkat sarjana (program akademik) di Indonesia yang telah memiliki usaha yang berjalan selama minimal 6 (enam) bulan.

 

“Program KBMI ini dapat diikuti oleh mahasiswa aktif dari perguruan tinggi tingkat sarjana atau program akademik di Indonesia yang telah memiliki usaha yang sudah berjalan minimal selama enam (6) bulan,” terangnya.

 

Dijelaskannya, tujuannya program dari KBMI itu sendiri adalah menumbuhkan karakter wirausaha, menumbuh kembangkan wirausaha baru kreatif dan inovatif; membantu mahasiswa dalam menentukan keunikan usaha dengan menemukan celah pasar yang tepat untuk meningkatkan peluang keberhasilan usaha.

 

“Selain itu, tujuannya dari program KBMI itu sendiri bisa dikatakan untuk mendukung implementasi kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang tahun ini mulai mencoba direalisasikan,” jelasnya.

 

Novi yang juga berwirausaha dalam sektor pertanian itu, mengungkapkan, bahwa tiga kelompok mahasiswa Uniku yang lolos dalam program KBMI tahun 2021 adalah usulan wirausaha dengan nama “Breeder dan Perawatan Kucing Persia”, “Hijab by sabiyacholecct” dan “Totebag Kuningan”.

 

“Totebag Kuningan diusulkan oleh Yani Maryani, Allifhah Nurhalimah, Indra Lesmana. Untuk Hijab by sabiyacholecct diusulkan oleh Anggieta Rizka Ayu Zsabrina, Astri Nurdianti, Mohammad Ru’yatul Hilal. Sementara untuk usulan Breeder dan Perawatan Kucing Persia oleh Idan Syahidan, Dwi Ajeng dan Sylvia Febrianty. Mereka ketiga kelompok yang lolos KBMI tahun 2021, bakalan diberikan modal tambahan usaha dari Pemerintah untuk meningkatkan dan mengembangkan usahanya tersebut,” ungkapnya.

 

Novi berharap, dengan lolosnya tiga kelompok mahasiswa Uniku pada program KBMI tahun 2021, diharapkan dapat memberikan dorongan dan motivasi lagi bagi mahasiswa dan mahasiswi Uniku lainnya untuk berwirausaha.

 

“Semoga, semakin banyak lagi mahasiswa dan mahasiswi Uniku untuk berwirausaha,” harapnya.

 

Menanggapi hal tersebut, Rektor Universitas Kuningan (Uniku) Dr. Dikdik Harjadi, SE., M.Si., menyampaikan, apresiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh mahasiswa dan mahasiswi Uniku yang menorehkan prestasi pada program Kegiatan Berwirausaha Mahasiswa Indonesia (KBMI) dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia tahun 2021.

 

“Saya atas nama pribadi dan lembaga, mengapresiasi, menyampaikan ucapan selamat dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada mahasiswa dan mahasiswi Uniku yang berhasil menorehkan prestasi dengan lolosnya tiga (3) kelompok mahasiswa Uniku pada program KBMI Dirjen Dikti Kemendikbud RI tahun 2021,” tuturnya.

 

Dikatakannya, baru saja kemarin mahasiswa Uniku menorehkan tiga (3) prestasi, hari ini kembali mahasiswa Uniku menorehkan prestasi dengan lolosnya tiga (3) kelompok mahasiswa Uniku di program KBMI Dirjen Dikti Kemendikbud tahun 2021.

 

“Dengan raihan prestasi demi prestasi tersebut, semakin membuktikan bahwa mahasiswa dan mahasiswi Uniku memiliki daya saing, berkarakter dan berkualitas,” katanya.

 

Dijelaskannya, prestasi yang berhasil diraih membuktikan bahwa mahasiswa dan mahasiswi Uniku memliki karakter, berkualitas dan berdaya saing, sehingga dapat disejajarkan dengan mahasiswa dan mahasiswi lainnya yang ada di perguruan tinggi besar dan ternama.

 

“Saya rasa mahasiswa dan mahasiswi Uniku sekarang sudah dapat disejajarkan dengan mahasiswa dan mahasiswi dari perguruan tinggi ternama maupun yang ada di kota besar. Walaupun Uniku berada di daerah, namun mampu membuktikan jati diri dan kualitasnya sehingga mampu bersaing dengan mahasiswa dan mahasiswi di seluruh Indonesia,’ jelasnya.

 

Dikdik sapaan akrabnya yang kembali mimpin Uniku di periode kedua, berharap, dengan berhasilnya kembali mahasiswa dan mahasiswi Uniku menorehkan prestasi di bidang akademik maupun non akademik, diharapkan mampu menjadi daya tarik bagi calon mahasiswa baru untuk melanjutkan pendidikan tingginya dengan memilih kampus Uniku.

 

“Selain itu, raihan prestasi ini juga diharapkan mampu mendorong mahasiswa dan mahasiswi Uniku lainya untuk kembali berprestasi. Bisa dijadikan sebagai bahan motivasi agar kembali menorehkan prestasi, baik di bidang akademik maupun non akademik. Saya yakin dan percaya, bahwa Uniku terus mampu melahirkan mahasiswa dan mahasiswi yang memiliki talenta, bakat dan berprestasi bagi kemajuan kampus Uniku sendiri maupun nama Kabupaten Kuningan bahkan mungkin Jawa Barat,” harapnya.

 

Diakhir keterangannya, Uniku juga sedang menanti hasil mahasiswa dan mahasiswi yang sedang mengikuti seleksi pada program PKM Kemendikbud RI tahun 2021.

 

“Sekedar informasi saja, Uniku juga sedang menanti hasil dari program PKM Kemendikbud RI tahun 2021. Semoga hasilnya kembali menggembirakan dan membawa harum nama baik Uniku, Kabupaten Kuningan dan Provinsi Jawa Barat. UNIKU JAYA !!!,” pungkasnya. (Abel Kiranti/Humas)

Uniku Prestasi Program international youth 2021 Kuningan

Komentar

Berita Terkait