327
Wednesday, 22 July 2020 08:15 (4 bulan yang lalu)    Tulis Komentar

Tingkatkan Ketahanan Pangan, TNI Tancap Gas

Tingkatkan Ketahanan Pangan, TNI Tancap Gas

Bingkaiwarta, KADUGEDE -  Pembangunan embung (tempat penyimpanan cadangan air) sangat penting dalam mewujudkan kedaulatan pangan rakyat. Manfaatnya akan sangat dirasa oleh petani saat menghadapi musim kemarau. Terutama, untuk yang lokasi tanahnya jauh dari jalur irigasi ataupun merupakan lahan tadah hujan.
 
Dandim 0615/Kuningan Letkol Czi Karter Joy Lumi, S.IP., menyerap aspirasi dari kelompok petani Desa Windujanten, Kecamatan Kadugede, pada saat giat penanaman sayur kembang kubis dan memanen tanaman tomat, di areal lahan pertanian desa setempat, yang dihadiri langsung oleh Komandan Resor Militer 063 Sunan Gunung Jati (Danrem 063/SGJ), Kolonel Inf Elkines Villando Dewangga K, S.A.P., pekan lalu.
 
Dalam giat tersebut, Kepala Desa Windujanten, Rohman Hidayat, yang menyampaikan langsung kepada Dandim 0615/Kuningan, bahwasannya, pihak desa hendak membangun embung untuk pengairan lahan pertanian seluas 16 Hektar di situ, hanya saja terkendala soal pendanaan.
 
"Atas dasar tersebut, dan demi menyukseskan Program Ketahanan Pangan TNI AD, yang mana Kabupaten Kuningan terpilih menjadi pilot project program Ketahanan Pangan oleh Korem 063/SGJ, maka pihak Kodim 0615/Kuningan pun tancap gas memberikan solusi terbaik guna para kelompok petani di Desa Windujanten itu," kata Danramil 1502/Kadugede Kapten Czi Nasri kepada bingkaiwarta.com, Selasa (21/7/2020).
 
Adapun upaya yang sudah dilakukan yaitu mengukur tanah untuk membangun Tembok Penahan Tanah (TPT), merealisasikan pembangunan embung yang dimaksudkan.
 
Kepala Desa Windujanten bersama sejumlah perangkat pemerintahan desa lainnya turut hadir. "Adapun luasan tanah yang diukur untuk dibangun TPT embung, yaitu Panjang 112 meter, Lebar 40 centimeter, dan Tinggi 2,5 meter," ujar Danramil 1502/Kadugede. (Abel Kiranti)
tni kadugede pangan

Komentar

Berita Terkait