Tingkatkan Minat Baca, Banyak TBM Bermunculan di Kabupaten Kuningan

By : BingkaiWarta - BingkaiWarta, 2017-10-10 17:29:02+07

Tingkatkan Minat Baca PS.jpg

Penyerahan Tumpeng oleh Kades Cilimus, kepada Ketua Forum TBM Kuningan, di Dusun Pon, Desa/Kecamatan Cilimus, Selasa (10/10/2017).

 

Kuningan – Geliat literasi di Kabupaten Kuningan semakin terlihat. Hal itu dibuktikan dengan semakin banyaknya Taman Bacaan Masyarakat (TBM) yang berdiri di tiap wilayah di Kabupaten Kuningan.

Setelah bulan September kemarin, Pengurus Daerah Forum TBM Kuningan kembali melaunchingkan di tiga desa, yaitu Desa Cageur, Kecamatan Darma, Desa Pasawahan, Kecamatan Pasawahan dan Desa Pakembangan, Kecamatan Mandirancan.

Pembentukan TBM tersebut diinisiasi oleh Mahasiswa KKN dari STKIP Muhammadiyah Kuningan. Selain itu, mahasiswa yang tengah KKN di Desa/Kecamatan Cilimus tersebut juga kembali melaunching TBM di desa KKN-nya itu.

Launching tersebut dilakukan oleh Ketua PD. FTBM Kuningan, Imam Muhamad Agung Fauzy, di Dusun Pon, Desa/Kecamatan Cilimus, Selasa (10/10/2017).

Hadir dalam acara itu, Kepala Desa Cilimus, Sesepuh Desa dan Para masyarakat sekitar yang Begitu antusias menyaksikan rangkaian acara launching TBM yang diberi nama “Kandanga Elmu”.

Dalam sambutanya, Imam menyampaikan bahwa TBM sangat penting sebagai salah satu tempat untuk mendapatkan informasi bagi masyarakat, karena dengan membaca itu dapat membuka cakrawala dunia. TBM juga merupakan bagian dari pendidikan non formal dibawah binaan bidang PAUD dan Dikmas Disdikbud Kuningan.

“Forum TBM sendiri berupaya semaksimal mungkin guna masyarakat Kabupaten Kuningan agar gemar membaca. Karena saat ini Literasi sedang menjadi isu hangat, terlebih lagi Pemda Kuningan sendiri begitu antusias mendukung gerakan Literasi yang dibuktikan dengan pemberian buku sebanyak 1000 eksemplar dari Bupati Kuningan kepada Forum TBM Kuningan untuk disebarkan kepada TBM-TBM lainnya di Kuningan,” ujar Imam.

Imam juga menegaskan bahwa Forum tersebut tidak akan maksimal dalam menjalankan tugas apabila stakeholder yang lain tidak mendukung, “Karena dalam hal ini membutuhkan banyak pihak yang harus terlibat untuk dijadikan mitra,” pungkasnya. (Tatang Budiman)

2 months ago, by BingkaiWarta
Category : BERITA PILIHAN, PENDIDIKAN

Kontak Informasi BingkaiWarta.com

Redaksi : redaksi[at]bingkaiwarta.com
Iklan : iklan[at]bingkaiwarta.com










Berita Terkini

Categories