342
Wednesday, 17 June 2020 07:33 (3 minggu yang lalu)    Tulis Komentar

Tips Mengatur Keuangan di Masa Pandemi Seperti Saat Ini

Tips Mengatur Keuangan di Masa Pandemi Seperti Saat Ini

Pandemi Covid-19 yang sudah masuk ke Indonesia kurang lebih selama 4 bulan ini memberikan dampak yang begitu banyak terhadap kehidupan masyarakat. Salah satunya pada sektor ekonomi.

Banyak pihak yang mengeluhkan penurunan finansial, mulai dari kalangan masyarakat bawah hingga perusahaan-perusahaan besar. Bahkan banyak perusahaan yang sampai melakukan pemotongan gaji hingga melakukan PHK besar-besaran untuk menjaga kestabilan keuangan perusahaan.

Sebagai pihak yang terdampak Covid-19, Anda dituntut untuk berfikir ulang bagaimana mengatur keuangan di masa-masa sulit seperti saat ini.

Nah berikut ini adalah tips-tips mengatur  keuangan di masa pandemi seperti saat ini agar finansial Anda tetap stabil.

  1. Evaluasi Sumber Penghasilan

    Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mengevaluasi sumber penghasilan Anda saat ini. Bagi para pembisnis atau wirausaha yang mengalami perubahan penghasilan, hal ini sangat perlu dilakukan untuk bisa mengatur pengeluaran Anda.

    Semisal jika biasanya Anda membutuhkan pengeluaran untuk: Living, Parent, Saving and entertaiment. Kini Anda bisa merubahnya menjadi: living, parent, saving and emergency fund.

    Pendapatan yang mungkin menurun mengharuskan Anda untuk mengalihkan pengeluaran pada kebutuhan yang jauh lebih penting atau darurat. Anda juga bisa mengalihkan sedikit dana untuk saving pada emergency fund.

  2. Mencari Sumber Pendapatan Tambahan

    Jika masih memungkinkan, Anda bisa mencari sumber pendapatan tambahan. Semisal jika Anda harus bekerja dengan sistem WFH, maka Anda bisa mencari pekerjaan sampingan yang bisa dilakukan saat waktu luang. Contohnya membuka toko online yang bisa Anda kelola lebih mudah karena WFH.

    Terlebih lagi bagi Anda yang terkena dampak PHK, maka Anda harus pandai mencari sumber pendapatan lain agar kondisi keuangan tidak terpuruk. Gali kembali skill yang Anda miliki, dan maksimalkan menjadi sumber pendapatan yang mungkin tak pernah terfikirkan sebelumnya.

  3. Hindari Membeli Barang Secara Kredit

    Satu kesalahan yang tak boleh Anda lakukan saat musim pandemi seperti saat ini, yakni membeli barang secara kredit. Tunda dahulu keinginan untuk membeli barang-barang baru jika Anda belum memiliki dana cukup.

    Selain beban finansial yang akan semakin berat, membeli barang dengan sistem kredit juga bisa merubah rencana pengalokasian dana.

  4. Ubah Gaya Hidup

    Jika diteliti lebih dalam, sebenarnya kebutuhan manusia hanya sebatas makan, tempat tinggal, pakaian, kendaraan sederhana dan pendidikan, selebihnya hanya berupa keinginan.

    Sayangnya, keinginan inilah yang kerap kali diprioritaskan dan harus selalu terpenuhi. Seperti keinginan untuk terlihat kaya dan membuat Anda sering nongkrong di café dengan harga kopi yang begitu mahal. Atau keinginan membeli barang-barang branded untuk dipakai hangout bersama teman-teman.

    Namun di masa pandemi yang mengharuskan Anda tetap di rumah saja, keinginan tersebut seakan tak ada artinya lagi. Anda bisa mengalokasikan dana yang biasanya digunakan untuk “pemenuhan keinginan” pada kebutuhan lain yang lebih penting.

    Keinginan mengikuti gaya hidup yang berlebihan pun bisa dikurangi, sehingga kondisi keuangan bisa stabil meski pendapatan menurun.

Pandemi yang masih belum mereda seperti saat ini menuntut masyarakat harus beradaptasi dengan situasi dan kondisi, termasuk pada sektor keuangan. Jadi jangan paksa diri Anda untuk tetap hidup seperti sebelum terjadi pandemi dan cobalah ikuti kondisi yang terjadi saat ini.

Pandemi menabung tabungan berhemat Covid-19 sektor ekonomi Tips Mengatur Keuangan Sumber Penghasilan Sumber Penghasilan di masa pandemi Sumber Pendapatan Tambahan Sumber Pendapatan di masa pandemi Kredit Membeli Barang Secara Kredit Gaya Hidup Ubah Gaya Hidup terlihat kaya phk

Komentar

Berita Terkait