602
Tuesday, 09 June 2020 07:59 (4 bulan yang lalu)    Tulis Komentar

Tips Merawat Baterai HP Baru Supaya Awet

Tips Merawat Baterai HP Baru Supaya Awet

Di era digital seperti ini, para perusahaan elektronik berlomba-lomba menciptakan ponsel (HP) dengan beragam kelebihannya masing-masing. Layar yang lebar, camera canggih, efek visual yang bagus, baterai dengan kapasitas besar dan lain sebagainya.

Baterai merupakan salah satu komponen yang sangat penting, entah itu baterai tanam maupun removable. Baterai sendiri mempunyai umur atau masa pakai yang bervariasi, biasanya semakin bagus tipe HP-nya maka semakin bagus dan tahan lama pula baterainya. Namun penggunaan HP yang berlebihan dan cara merawat baterai yang salah dapat mempersingkat masa pakai baterai bahkan HP Anda. Lantas bagaimana trik merawat baterai yang benar agar awet? Anda dapat melakukan beberapa hal dibawah ini:

Hindari Suhu yang Terlalu Panas

Suhu yang terlalu panas juga berpengaruh terhadap HP loh! Hp Anda akan menjadi panas saat Anda menggunakannya pada suhu panas pula, seperti dibawah sinar matahari saat sedang terik-teriknya. Sebaiknya hindari penggunaan HP saat kondisi seperti itu, lagipula Anda juga akan kesulitan melihat tampilan dilayar HP kan? Jika Anda memaksakan diri menggunakanya maka Anda perlu menaikkan tingkat pencerahan layar dan justru membuatnya terlalu panas serta cepat rusak.

Bijak Menggunakan HP

Canggihnya fitur HP saat ini membuat semua orang lebih banyak menghabiskan waktu untuk memainkannya. Entah urusan pekerjaan, social, ataupun hanya untuk sekedar hobi ngegame. Terlalu sering HP digunakan membuat baterai cepat panas, habis dan lambat laun drain. Maka sebaiknya batasi diri menggunakan hp untuk hal yang tidak perlu.

Mungkin hal tersebut membuat Anda tidak bisa bermain game 24 jam. Akan tetapi ini akan membuat baterai Anda lebih awet dan memperpanjang masa pakai, serta bonus mata yang lebih sehat tentunya.

Menjaga Siklus Pengisian Daya

Menggunakan HP untuk berfoto, bermain game memang sangat menyenangkan dan kadang membuat lupa waktu lalu mengabaikan daya baterai yang lemah dengan terus menggunakannya. Kebiasaan seperti ini memberikan pengaruh yang sangat segnifikan terhadap rusaknya baterai Anda loh. Sebaiknya jangan biarkan baterai dibawah 20 persen dan segeralah mengchargernya.

Banyak yang percaya mitos tentang tidak dianjurkan mengisi baterai semalaman, mungkin ini berlaku untuk para pengguna hp lama. Karena untuk ponsel keluaran terbaru sudah dibekali dengan system yang secara otomatis memberhentikan pengisian saat baterai terisi penuh.

Jangan gunakan HP saat Pengisian Daya

Seringkali hal-hal yang mendesak membuat kita menggunakan HP saat sedang mengisi, maupun justru kebiasaan diri sendiri menonton video ataupun main game yang kemudian HP akan menjadi sangat panas. Tentu hal ini akan merusak sel baterai dan mengurai umur baterai jika digunakan secara intensif dan terus-menerus.

Beberapa cara di atas dapat Anda terapkan jika ingin baterai HP awet dan tahan lama. Sebenarnya bukan kualitas HP ataupun baterai yang membuatnya cepat rusak, namun kebiasaan buruk dirisendiri-lah yang memperparahnya.

Baterai HP handphone Pengisian Daya ponsel suhu panas teknologi handphone Tips Merawat Baterai HP Baru Supaya Awet Tips Merawat Baterai Baterai HP HP Baru

Komentar

Berita Terkait