Total Kerugian Banjir Bandang Tujuh Desa Di Kecamatan Cibingbin Cukup Fantastis

By : BingkaiWarta - BingkaiWarta, 2017-01-30 18:18:58+07

Total Kerugian Banjir Bandang Tujuh Desa PS.jpg

Banjir bandang luapan sungai Cijalengkok yang menimpa tujuh desa di Kecamatan Cibingbin, memiliki kerugian senilai 6,2 Miliar.

 

 

Kuningan – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kuningan menaksir jumlah kerugian yang diakibatkan oleh banjir bandang yang melanda tujuh desa di Kecamatan Cibingbin sekitar 6,2 miliar. Data itu terdiri atas kerusakan rumah, jembatan, sarana ibadah, fasilitas publik, sawah dan kolam ikan.

Hal itu dikatakan oleh Kepala BPBD Kabupaten Kuningan, Agus Mauludin, yang memberikan data akhir jumlah kerugian akibat banjir bandang, saat ditemui BINGKAI WARTA di ruang kerjanya, Senin (30/1).

Jumlah korban banjir sebanyak 1.843 kepala keluarga atau 7.128 jiwa. Rumah yang terendam 2.553 unit, di antaranya, rusak berat 23 unit dan rusak ringan 46 unit. Ternak yang hanyut dua ekor sapi, kambing 89 ekor dan unggas 565 ekor.

Luapan sungai Cijalengkok juga merendam empat sekolah, 20 tempat ibadah (mushala dan masjid), tanah permukiman seluas 70 hektare, sawah 122 hektare, pertanian 7 hektare dan kolam 2,1 hektare.

Sementara itu, untuk data KK yang menjadi korban banjir di Kecamatan Cibingbin, Agus mengatakan, di Desa Citenjo 1.400 KK (3.300 jiwa), Desa Sindang Jawa 25 KK (112 jiwa), Desa Cipondoh 28 KK (93 jiwa), Desa Sukaharja 633 KK (1.853 jiwa), Desa Cibingbin 426 KK (1.426 jiwa), Desa Dukuh Badag 101 KK (302 jiwa), dan Desa Ciangir 20 KK (40 jiwa).

“Itu data akhir hasil rekap sejak kemarin. Saat ini, kondisi jalan desa, rumah, sarana ibadah dan sekitarnya sudah bersihkan secara gotong – royong,” ujar Agus.

Tim penanggulangan bencana yang terdiri atas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), TNI, Polri, satuan kerja perangkat daerah, Badan SAR Nasional, Musyawarah Pimpinan Kecamatan, Pemadam Kebakaran, Organisasi Masyarakat dan Komunitas, bergabung menjadi relawan membantu masyarakat yang terkena banjir.

“Mereka membersihkan lumpur, material dan puing-puing sisa bangunan yang terbawa banjir. Sembilan posko kesehatan dan sumbangan yang ditempatkan di tujuh desa terdampak banjir, hingga kini masih menerima bantuan yang datang dari berbagai pihak,” pungkas Agus. (Elly Said)

3 years ago, by BingkaiWarta
Category : BERITA PILIHAN, SOSPOLHUKAM

Kontak Informasi BingkaiWarta.com

Redaksi : redaksi[at]bingkaiwarta.com
Iklan : iklan[at]bingkaiwarta.com











Berita Terkini

Categories