1,225
Sunday, 28 May 2017 09:52 (3 tahun yang lalu)    Tulis Komentar

Tradisi Menghantarkan Makanan Di Bulan Ramadhan Semakin Terkikis Zaman

Tradisi Menghantarkan Makanan Di Bulan Ramadhan Semakin Terkikis Zaman

Kuningan – Bulan suci Ramadhan merupakan bulan yang penuh pengampunan, sehingga kedatangannya pun ditunggu-tunggu oleh kaum muslimimin di seluruh dunia, termasuk di Kabupaten Kuningan.

Dalam menyambut bulan yang penuh rahmat itu banyak tradisi yang digelar oleh masyrakat, mulai dari pawai ta’ruf, pawai obor, hingga tradisi unik lainnya. Tradisi tersebut menjadi tanda kehadiran bulan puasa yang sangat khas dan dipenuhi berkah.

Salah satu tradisi yang biasa dilakukan menjelang bulan Ramadhan ialah kegiatan saling menghantarkan makanan dengan menggunakan rantang kepada tetangga ataupun sanak saudara.

Dalam tradisi itu para warga biasanya berbagi makanan dengan kerabat dan tetangga. Meski tidak selalu makanan mewah, namun kebanyakan tidak jauh dari menu ikan atau daging. Sebab, pada pagi harinya, warga yang memiliki kolam selalu menguras kolam dan menyembelih hewan peliharaan.

Sayangnya, perkembangan zaman akhir-akhir ini membuat tradisi tersebut mulai ditinggalkan oleh warga. Kalau pun masih ada, para warga tidak lagi menggunakan rantang, mereka menggunakan yang lebih praktis lagi seperti tempat nasi yang terbuat dari plastik.

“Sudah mulai hilang tradisi kirim makanan pake rantang ini. Tidak tahu kenapa alasannya, mungkin perkembangan jaman yang tambah modern. Mungkin juga nyari rantangnya yang susah,” ujar Mak Rafi, 60, salah satu warga Desa Cihaur, Kecamatan Ciawigebang kepada BINGKAI WARTA Minggu (27/5/2017).

Hal senada diungkapkan Rumiah, 50. Menurutnya, tradisi jinjing rantang tersebut sudah mulai hilang. Meskipun masih ada, pasti hanya dilakukan oleh satu atau dua orang saja.

“Kalo menurut cerita orang tua dulu, setiap menjelang puasa itu sudah pasti banyak makanan dari kerabat dan tetangga. Saling berbalas memberikan makanan. Suasana menjelang puasa sangat terasa dan banyak makanan,” pungkas Rum. (Elly Said)

Tradisi Menghantarkan Makanan Ramadhan Terkikis Zaman

Komentar

Komentar telah di non-aktifkan untuk postingan ini

Berita Terkait