Tradisi Saptonan Kembali Digelar Pemerintah Kabupaten Kuningan di Lapangan Desa Kertawangunan

By : BingkaiWarta - BingkaiWarta, 2019-09-02 11:15:56+07

Tradisi Saptonan Kembali sfe.jpg

Seorang peserta tengah memacu kuda pada tradisi Saptonan, di Open Space Galery (OSG), Lapangan Desa Kertawangunan, Kecamatan Sindangagung, Minggu (01/09/2019).

 

Kuningan – Pemerintah Daerah Kabupaten Kuningan kembali menggelar lomba ketangkasan berkuda tradisional Saptonan dalam rangka memperingati Hari Jadi Kuningan ke-521, di Open Space Galery (OSG), Lapangan Desa Kertawangunan, Kecamatan Sindangagung, Minggu (01/09/2019).

Lomba ketangkasan berkuda ini merupakan tradisi rutin yang digelar setahun sekali setiap peringatan Harjad Kuningan. Tradisi Saptonan dikemas dengan pagelaran tradisional seba atau penyerahan upeti, serta lomba panahan tradisional.

Bupati Kuningan H. Acep Purnama, SH, MH, mengatakan, acara ini sangat positif dalam rangka menyambut Hari Jadi Kuningan ke-521 karena kegiatan ini rutin digelar setiap merayakan Hari Jadi Kabupaten Kuningan.

“Makna dari saptonan ini adalah menyampaikan kepada kita generasi sekarang, bagaimana kehidupan zaman dulu di Kuningan. Bagaimana terdiri dari kademangan-kademangan, raja-raja kecil, dan lain sebagainya. Dimana mereka berbuat untuk kesejahteraan masyarakatnya,” kata Acep.

Menurutnya, Saptonan ini sebuah tradisi kesenian yang dilakukan masyarakat terdahulu yang menggunakan kuda sebagai medianya karena kuda adalah simbol sebuah semangat dalam bekerja.

“Makanya ada sebutan kecil-kecil kuda Kuningan. Walaupun kecil tapi semangatnya besar, tenaganya kuat, keseriusan dalam mewujudkan cita-cita,” tuturnya.

Dia juga bersyukur atas antusias masyarakat karena cukup tinggi untuk menyaksikan tradisi Saptonan. Hal itu membuktikan bahwa kecintaan masyarakat terhadap tradisi daerah masih tinggi.

“Alhamdulillah kegiatan Saptonan dan kegiatan lain selalu berkembang sesuai dengan inovasinya. Namun tetap tidak meninggalkan nilai-nilai tradisinya, termasuk akan ada panahan tradisional. Karena saat ini Kabupaten Kuningan memiliki lapangan panahan untuk dipergunakan sebagai ajang berlatih,” imbuhnya. (Abel Kiranti)

3 months ago, by BingkaiWarta
Category : BERITA PILIHAN, PERNIK, OLAH RAGA, SENI & BUDAYA

Kontak Informasi BingkaiWarta.com

Redaksi : redaksi[at]bingkaiwarta.com
Iklan : iklan[at]bingkaiwarta.com











Berita Terkini

Categories