337
Thursday, 03 September 2020 20:14 (3 minggu yang lalu)    Tulis Komentar

Tujuh Belas Pengurus Dewan Kebudayaan Resmi Dilantik

Tujuh Belas Pengurus Dewan Kebudayaan Resmi Dilantik

Bingkaiwarta, CILIMUS - Wakil Bupati Kuningan, H. M Ridho Suganda melantik Pengurus Dewan Kebudayaan Kabupaten Kuningan masa bakti 2020-2025 di Auditorium Museum Linggarjati, Kamis (3/9/2020). Adapun jumlah orang yang masuk ke dalam kepengurusan tersebut yakni sebanyak 17 orang.

Hadir dalam acara tersebut, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab.Kuningan, Drs. H. Uca Somantri beserta jajaran, Anggota Dewan Pakar Kebudayaan, sejumlah guru seni dan kebudayaan, para ketua sanggar seni, sejumlah ormas, serta undangan lainnya.

Wakil Bupati Kuningan, H. M Ridho Suganda mengatakan, unsur-unsur kebudayaan yang meliputi sistem religi, bahasa, teknologi, organisasi, kemasyarakatan, pengetahuan, ekonomi, dan kesenian, semuanya terhimpun dalam satu kesatuan yang utuh. Hal itu menurutnya, merupakan modal dasar yang paling menentukan dalam mewarnai seluruh tata kehidupan manusia.

"Karena esensi itulah, ikhtiar untuk ngamumule (red_melestarikan) kebudayaan menjadi bagian dari tugas kehidupan kita yang sangat penting," ungkapnya.

Dikatakan Wabup, sebagaimana tema acara "Ngaroris, Merenahkeun, tur Mateahkeun Banda Budaya nu Bacacar", tema tersebut memberikan amanat bahwa setidaknya terdapat tiga tugas pokok dalam memelihara nilai-nilai budaya, diantaranya, mengiventarisasi kekayaan budaya, penempatan kekayaan budaya, dan pemanfaatan kekayaan budaya.

"Hal tersebut tentunya membutuhkan penanganan yang sungguh-sungguh, penuh semangat, dan profesional, agar kekayaan budaya kita mampu mengangkat kehidupan yang lebih baik," tuturnya.

Dengan dilantiknya kepengurusan Dewan Kebudayaan Kabupaten Kuningan, Wabup berharap dapat memberikan manfaat bagi kemajuan kebudayaan dan kehidupan masyarakat Kabupaten Kuningan.

Usai pelantikan, acara dilanjutkan dengan Dialog Ketahanan Budaya, dengan menghadirkan sejumlah narasumber yang merupakan pakar kebudayaan. (Abel Kiranti)

Dewan Kebudayaan Pengurus Auditorium Museum Linggarjati

Komentar

Berita Terkait