242
Sunday, 20 September 2020 20:31 (1 bulan yang lalu)    Tulis Komentar

Ukas Suharfaputra Kembali Nakhodai IPSI Kab. Kuningan

Ukas Suharfaputra Kembali Nakhodai IPSI Kab. Kuningan

Bingkaiwarta, KUNINGAN - Jajaran pengurus IPSI Kabupaten Kuningan periode 2019-2023 telah resmi dilantik oleh Sekum IPSI Pemprov Jawa Barat, H. Yoyo Yahya, SH di Ruang Rapat Dinas Pertanian, Jl. Raya Windujanten, Kecamatan Kadugede, Kabupaten Kuningan, Minggu (20/9/2020).

Ketua panitia pelaksana kegiatan, Ir. Toto Suripto mengatakan, pelantikan pengurus IPSI periode 2019-2023 dilaksanakan berdasarkan hasil musyawarah IPSI Kabupaten Kuningan tahun 2019. Tujuannya yaitu agar terbentuknya pelaksanaan program yang merupakan amanat AD dan ART serta peraturan organisasi IPSI Kabupaten Kuningan. "Hal ini, supaya terbentuknya kepengurusan IPSI Kabupaten Kuningan periode 2019-2023 yang lebih solid lagi sehingga pencapaian program-programnya bisa tercapai secara maksimal," ujar Toto yang juga merupakan Sekretaris Umum IPSI Kabupaten Kuningan.

Ketua terpilih IPSI Kabupaten Kuningan, Dr. Ukas Suharfaputra menerangkan, persilatan di Kabupaten Kuningan mempunyai akar yang mendalam pada sejarah perkembangan masyarakat Kuningan dari mulai masa pra islam, kolonial sampai sekarang.

"Tradisi silat Kuningan jauh sudah dilaksanakan, seperti yang tercatat dalam sejarah yang tertulis pada jaman Eyang Hasan Maolani, yaitu sesepuh dari Lengkong yang merupakan seorang ulama, dan seorang pendekar yang ditakuti oleh berbagai kalangan termasuk pemerintah kolonial pada jamannya," terangnya.

Diyakini Ukas, pengurus periode 2019-2023 ini akan bekerja lebih maksimal lagi, meningkatkan pencapaian-pencapaian prestasi yang sudah diraih pada periode sebelumnya. "Kita mohon dukungan dari semuanya untuk memajukan persilatan di Kabupaten Kuningan. Silat Mesat Ka Jumantara artinya silat Kuningan mudah-mudahan semakin tinggi dalam prestasi khususnya Porda tahun 2022. Target kita nanti di Porda minimal 2 emas. Insya Allah," ungkapnya. 

Setelah pelantikan kepengurusan periode 2019-2023 ini, Ukas menjelaskan, pihaknya akan segera melaksanakan rapat kerja dengan pengurus. "Kita sudah mempunyai rancangan awal untuk program pokok pengurus 2019-2023 ini, yang utama adalah peningkatan sarana dan prasarana baik silat prestasi maupun silat seni. Kemudian pengembangan prestasi dan pengembangan seni silat sebagai budaya. Itu program utama kita," jelas Ukas. (Abel Kiranti)

IPSI pengurus Dinas Pertanian

Komentar

Berita Terkait