265
Thursday, 03 December 2020 18:47 (1 bulan yang lalu)    Tulis Komentar

Uniku Gelar "Kafe", Empat Narasumber Dihadirkan

Uniku Gelar "Kafe", Empat Narasumber Dihadirkan

Bingkaiwarta, KUNINGAN - Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Kuningan (Uniku) untuk ke sekian kalinya menyelenggarakan kegiatan Kajian Pendidikan atau yang lebih dikenal dengan “Kape”. Acara yang digelar secara luring dan daring oleh BEM FKIP Uniku itu, kembali digelar dengan menghadirkan empat (4) narasumber yang kompeten dibidangnya dengan dibuka secara resmi oleh Rektor Universitas Kuningan (Uniku) Dr. Dikdik Harjadi, SE., M.Si., di Gedung Student Center Iman Hidayat Kampus 1 Uniku.
 
“Alhamdulillah, kegiatan Kape tahun 2020 akhirnya dapat terselenggara dengan baik, lancar dan sukses. Terimakasih atas bimbingan, dukungan dan juga kerjasamanya dari semua pihak yang telah ikut membantu mensukseskan acara Kape 2020,” kata Mia Irmayanda selaku Ketua Pelaksana kegiatan kajian pendidikan (Kape) tahun 2020 saat dimintai keterangannya, Kamis (03/12/2020).
 
Menurutnya, kegiatan Kape ini merupakan salah satu agenda acara tahunan dari BEM FKIP Uniku yang selalu rutin setiap tahunnya terselenggara dengan baik.
 
“Untuk tahun ini, dikarenakan masih dalam situasi pandemic covid 19 pelaksanaannya dilakukan secara luting dan daring. Untuk yang hadir secara luring hanya untuk tamu undangan yang mencakup internal Uniku dan narasumber saja. Sedangkan, untuk yang daring diperuntukan bagi para peserta. Alhamdulillah, untuk tahun ini diikuti oleh 200 peserta,” ujarnya.
 
Dikatakannya, saat ini pendidikan di Indonesia menjadi sorotan dikarenakan kurang efektifnya pembelajaran di setiap jenjangnya. Maka dari itu, kami dari BEM FKIP Uniku menyelenggarakan kegiatan kajian pendidikan dengan mengangkat tema “Adaptasi Pembelajaran di Masa Pandemi”.
 
“Empat (4) pemateri dihadirkan dengan tujuan untuk memberikan wawasan terkait pendidikan di masa pandemic. Adapun empat (4) pemateri yang dihadirkan hari ini dalam Kape 2020 adalah H. Pipin Mansur Aripin, M.Pd., Sutari, M.Pd., Nanang Warsa, M.Pd., dan Dr. Novi Satria Praja, M.Pd.,” katanya.
 
Mia berharap, dengan diselenggarakannya kegiatan tersebut, diharapkan dapat membekali para peserta terkait wawasan pendidikan di masa pandemic seperti sekarang ini. “Semoga, kegiatan ini dapat memberikan manfaat dan bisa berjalan kembali setiap tahunnya,” harapnya.
 
Sedangkan, Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Dr. Yeyen Suryani, M.Pd., dalam sambutannya, mengatakan, pihaknya sebagai pimpinan dari Fakultas menyampaikan apresiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada panitia pelaksana yang mana BEM FKIP yang telah mempersiapkan kegiatan tersebut sehingga dapat terselenggara dengan baik.
 
“Terimakasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh jajaran pengurus BEM FKIP Uniku yang telah mempersiapkan dan menyelenggarakan kegiatan tersebut dengan baik dan lancar sehingga bisa terlaksana dengan sukses,” ujarnya.
 
Yeyen berharap, dengan diselenggarakannya kegiatan yang sudah menjadi agenda tahunan dari BEM FKIP Uniku itu, diharapkan kedepannya juga terus berkelanjutan dikarenakan memiliki manfaat dan positif bagi para peserta yang mana adalah mahasiswa dan mahasiswi dari FKIP Uniku itu sendiri.
 
“Semoga, kegiatan Kape ini setiap tahunnya selalu digelar dengan harapan dapat membekali mahasiswa dan mahasiswi FKIP Uniku terkait wawasan pendidikan,” harapnya.
 
Sementara itu, Rektor Universitas Kuningan (Uniku0 Dr. Dikdik Harjadi, SE., M.Si., mengatakan, dirinya juga mengapresiasi kegiatan yang digagas oleh BEM FKIP Uniku yang sudah menjadi agenda tahunan itu.
 
“Teriamakasih kepada BEM FKIP Uniku yang telah konsisten menyelenggarakan kegiatan positif dan bermanfaat. Apresiasi dan penghargaan kepada BEM FKIP yang setiap tahunnya menyelenggarakan kegiatan Kape ini dengan baik,” tuturnya.
 
Dikatakannya, tak ada alasan untuk tida bersemangat disaat pandemi. Walaupun masih dalam situasi pandemic covid 19, namun tak menyurutkan semangat rekan-rekan pengurus BEM untuk terus berkontribusi bagi kemajuan dari BEM itu sendiri.
 
“Teruslah maju melangkah dan konsisten untuk menyelenggarakan kegiatan kajian pendidikan ini. Tetap semangat dan terus melakukan yang terbaik,” katanya.
 
Ditambahkannya, di saat pandemic seperti sekarang ini dibutuhkan inovasi dan kreatifitas dalam melakukan pembelajaran. Tak terkecuali di Uniku juga, semua kegiatan pembelajaran dilakukan secara daring. Pada intinya Uniku mengikuti semua  petunjuk teknis dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemendikbud RI) melalui Kantor Layanan L2DIKTI wilayah IV Jawa Barat dan Banten.
 
“Kita merujuknya kepada peraturan yang dikeluarkan oleh Kemendikbud RI dengan melakukan pembelajaran secara daring. Mohon doanya, kita juga dalam waktu dekat akan menggelar kegiatan wisuda yang ke-25 secara luring dengan menerapkan protokol kesehatan ketat,” tambahnya.
 
Dikdik juga berharap, agar kegiatan seperti ini untuk tetap terus konsisten setiap tahunnya terselenggara mengingat bermanfaat dan memiliki nilai positif untuk membekali mahasiswa dengan wawasan pendidikan.
 
“Semoga, BEM FKIP terus konsisten menyelenggarakan kegiatan tersebut setiap tahunnya karena dirasa memiliki manfaat dan positif bagi mahasiswa dan mahasiswi sebagai salah satu upaya untuk membekali wawasan pendidikan,” harapnya.
 
Nampak hadir, Rektor Universitas Kuningan (Uniku) Dr. Dikdik Harjadi, SE., M.Si., Dekan FKIP Dr. Yeyen Suryani, M.Pd., Wakil Dekan II Drs. Haruji Satianugraha, M.Pd., keempat narasumber H. Pipin Mansur Aripin, M.Pd., Sutari, M.Pd., Nanang Warsa, M.Pd., dan Dr. Novi Satria Praja, M.Pd., Ketua BEM FKIP Wastam beserta jajarannya, Ketua Pelaksana Kape 2020 Mia Irmayanda, Ketua Himpunan Mahasiswa (Hima) dan Organisasi Mahasiswa (Ormawa) yang ada di Lingkungan FKIP dan tamu undangan lainnya. (Abel Kiranti)
Uniku BEM Kuningan

Komentar

Berita Terkait