Uniku Menggelar Ospek, Ada Reading Marathon Didalamnya

By : BingkaiWarta - BingkaiWarta, 2017-09-11 18:37:13+07

Uniku Menggelar Ospek PS.jpg

Ospek hari pertama bagi mahasiswa baru Uniku berlangsung di gedung Student Center Iman Hidayat kampus 1 Uniku, Senin (11/9/2017).

 

Kuningan – Dengan berpedoman pada aturan Dirjen Dikti RI No. 096/B1/SK/2016 tentang panduan umum pengenalan kehidupan kampus bagi mahasiswa baru, Universitas Kuningan menggelar masa Orientasi Studi dan Pengenalan Kampus (Ospek) di gedung Student Center Iman Hidayat, kampus I Uniku, Senin (11/9/2017).

Kegiatan yang akan digelar selama tiga hari berturut-turut itu dihadiri oleh Bupati Kuningan, Acep Purnama, Rektor Uniku, Dikdik Harjadi, Ketua Dewan Pembina Yayasan Pendidikan Sang Adipati Kuningan (YPSAK), Djuhari Kartasaswita, serta pengurus civitas akademika lainnya.

Ketua Pelaksana Kegiatan Penerimaan Mahasiswa Baru dan Ospek bagi mahasiswa baru Uniku tahun 2017/2018 yang sekaligus Wakil Rektor III Ilham Adhya, dalam laporannya mengatakan, dari 1.774 pendaftar, hanya sebanyak 1.612 calon mahasiswa yang dinyatakan lulus. Sementara yang resmi mendaftarkan ulang atau registrasi tercatat ada 1.269 calon mahasiswa.

“Semua yang ikut registrasi itu terdiri dari program sarjana dan diploma sebanyak 1.215 calon mahasiswa dan program pascasarjana sebanyak 54 calon mahasiswa,” ungkap Ilham.

Di tempat yang sama, Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Uniku, Indra Adila Pratama mengatakan, kegiatan OSPEK tersebut merupakan salah satu program terbesar dari BEM Uniku yang bekerja sama langsung dengan civitas akademika Uniku.

Indra juga berharap agar para mahasiswa baru ini bisa lebih baik lagi dari angkatan sebelumnya. Terutama, kata dia, para mahasiswa baru juga bisa mengaplikasikan apa yang telah mereka terima walaupun hanya dalam OSPEK.

“Dari OSPEK ini semoga saja apa yang disampaikannya bisa mengena kedalam fikiran mereka, lalu mereka pun bisa melaksanakan apa yang harusnya mereka laksanakan sebagai mahasiswa,” harap Indra.

Indra menyebutkan, dalam OSPEK Uniku yang setiap tahunnya selalu ada keunikan-keunikan tersendiri itu, dalam masa jabatannya sekarang pun terdapat beberapa hal baru yang akan disuguhkan untuk menyambut kedatangan mahasiswa baru tersebut.

“Dalam program kami yang sekarang ada yang baru yakni UKM Expo dan Reading Marathon. UKM Expo ini bertujuan untuk mengenalkan UKM di Uniku kepada mahasiswa baru agar bisa langsung mengenalnya dan langsung bisa daftar disana. Sementara untuk Reading Marathon, ini merupakan bentuk apresiasi dalam peringatan hari Literasi, dimana para mahasiswa baru akan diajak untuk membaca buku selama 42 menit,” katanya.

Indra menyebutkan bahwa  dalam Reading Marathon itu, sebelumnya para mahasiswa baru telah diintruksikan untuk membawa buku sendiri. Menariknya, setelah mereka membacanya, buku-buku tersebut akan dikumpulkan untuk selanjutnya disumbangsihkan kepada daerah-daerah yang memang itu perbatasan.

“Poin pentingnya, setelah buku-buku dari kegiatan reading marathon ini terkumpul, selanjutnya akan disumbangsihkan kepada daerah-daerah di perbatasan. Nantinya Insha Allah Uniku juga akan memiliki perpustakaan di daerahnya masing-masing. Dan ini menjadi pusat bahwasanya Uniku punya perpustakaan tidak hanya di Unikunya saja, tapi di daerah perbatasan pun ada,” ungkapnya.

Sementara itu, menurut Rektor Uniku, Dikdik Harjadi, Ia berharap bahwa dari OSPEK tersebut bisa memberikan informasi awal tentang berbagai informasi apakah itu yang berkaitan dengan masalah akademik atau non akademik.

“Dari informasi itu diharapkan bisa membuat akselerasi untuk percepatan bagi mahasiswa baru untuk menyesuaikan dengan lingkungannya sekarang. Ini bisa mempermudah mereka dalam mengikuti pendidikan di Universitas Kuningan,” katanya.

Dikdik pun mengapresiasi kepada seluruh panitia yang telah berkomitmen mensukseskan acara tersebut dan mengucapkan selamat datang kepada seluruh mahasiswa baru. Ia mendukung untuk menjadikan kegiatan Ospek ini sebagai wahana silaturahmi dan interaksi positif menuju mahasiswa yang siap untuk menorehkan prestasi dimasa depan. (TedyAgeng)

2 months ago, by BingkaiWarta
Category : BERITA PILIHAN, PENDIDIKAN

Kontak Informasi BingkaiWarta.com

Redaksi : redaksi[at]bingkaiwarta.com
Iklan : iklan[at]bingkaiwarta.com








Berita Terkini

Categories