Upacara Pedang Pora Iringi Pelepasan 21 Purnawirawan Anggota Polres Kuningan

By : BingkaiWarta - BingkaiWarta, 2019-07-10 19:33:16+07

Upacara Pedang Pora Iringi sdeeee.jpg

Anggota Polres Kuningan termuda membawa obor mendampingi pelepasan 21 Purnawirawan Polres Kuningan, Rabu (10/07/2019).

 

Kuningan – Dengan dipimpin oleh Kepala Kepolisian Resor Kuningan AKBP Iman Setiawan SIK, Upacara Pedang Pora mengiringi pelepasan 21 Purnawirawan anggota Polres Kuningan yang sudah memasuki masa pensiun, Rabu (10/07/2019).

Ke-21 anggota yang dilepas berbarengan dengan momentum Upacara Peringatan HUT Bhayangkara ke-73 itu terdiri dari 19 orang personil Polri dan 2 orang ASN Polri.

IMG_5102.JPGUpacara pedang pora diawali dengan ucapan terima kasih dari Kapolres Kuningan, yang dilanjutkan dengan penyerahan obor dari perwakilan Purnawirawan Polri kepada anggota Polri termuda yang masih berumur 20 tahun.

Dengan dipayungi pedang pora, obor tersebut diserahkan untuk selanjutnya diarak mengiringi kepergian 21 anggota purnawirawan ke Bus Polri yang sudah menunggu di gerbang Polres Kuningan.

Upacara Pedang Pora Iringi Pelepasan 21 Purnawirawan Anggota Polres Kuningan (1).JPGTangis haru sempat mewarnai pelepasan 21 purnawirawan tersebut. Para senior yang akan kembali mengabdi kepada masyarakat itu tak kuasa menahan haru tatkala melewati lorong pedang pora yang diacungkan oleh rekan bertugasnya dulu.

Kapolres Kuningan AKBP Iman Setiawan SIK, menerangkan, upacara pedang pora menandakan sebagai bentuk penghormatan dan penghargaan atas nama Polri kepada para senior yang telah mencurahkan semua jerih payahnya kepada masyarakat.

“Para senior-senior yang telah berbakti kepada bangsa dan negara, Polri, dan telah melayani masyarakat Kuningan. Dengan lancar, hari ini mereka melewati gerbang pora, gerbang Polres Kuningan, untuk kemudian mengabdi kepada masyarakat,” terang Kapolres.

Upacara Pedang Pora Iringi Pelepasan 21 Purnawirawan Anggota Polres Kuningan (2).JPGHal unik dalam upacara tersebut selain pedang pora adalah penggunaan Bus Kemuning atau Bus yang biasa digunakan untuk berkeliling menikmati indahnya pemandangan di Kabupaten Kuningan dipakai untuk mengantar para purnawirawan ke Bus Polisi yang sudah menunggu di depan gerbang.

Iman menjelaskan hal itu sebagai bagian daripada ciri khas masyarakat Kuningan dan suku sunda yang daerahnya digunakan sebagai tempat para anggota Polri bertugas, “Dimana bumi dipijak. Disitu langit dijunjung,” jelasnya. (TedyAgeng)

9 days ago, by BingkaiWarta
Category : BERITA PILIHAN, PERNIK, SOSPOLHUKAM

Kontak Informasi BingkaiWarta.com

Redaksi : redaksi[at]bingkaiwarta.com
Iklan : iklan[at]bingkaiwarta.com











Berita Terkini

Categories