Warga Desa Luragung Landeuh Tolak Keras Galian C dan Meminta Kepala Desa Turun

By : BingkaiWarta - BingkaiWarta, 2017-10-09 15:59:28+07

Warga Desa Luragung Landeuh PS.jpg

Audiensi masyarakat Desa Luragung Landeuh di Balai Desa Luragung Landeuh, Senin (9/10/2017).

Kuningan – Setelah demo yang dilakukan masyarakat Desa Luragung Landeuh mendapat tanggapan dari pemerintah desa, para warga yang kesal dan kecewa atas perusahaan Galian C akhirnya difasilitasi oleh Camat Luragung, Beny Prihayatno, untuk melakukan audiensi dengan pihak desa di balai Desa Luragung Landeuh, Senin (9/10/2017). (baca : Stop Galian Pasir Harga Mati, Warga Desa Luragung Landeuh Demo)

Hadir dalam acara tersebut Kapolsek Luragung, AKP Agus Suroso, Danramil Luragung yang diwakili oleh Serma Tukiman, seluruh perangkat Desa Luragung Landeuh, Anggota BPD, serta Masyarakat Desa Luragung Landeuh sekitar 20 orang.

Dalam audiensi tersebut para warga menyampaikan bahwa masyarakat Desa Luragung Landeuh menolak adanya Pengusaha Galian Pasir. Mereka memberikan waktu kepada pemerintahan desa untuk menyelesaikan permasalahan tersebut dalam waktu dua minggu dari hari ini.

“Jikalau tidak selesai maka kami akan melakukan demo yang lebih besar lagi,” ujar Diki, salah satu tokoh pemuda yang ikut audiensi.

Selanjutnya, masyarakat juga meminta kepada Camat Luragung untuk mengajukan pemecatan Kepala Desa kepada Bupati Kuningan.

“Sudah banyak sikap dan perilaku Kepala Desa Luragung Landeuh yang sudah mendzolimi masyarakatnya. Contohnya beliau tidak pernah hadir kepada masyarakat yang dapat musibah seperti kematian atau kecelakaan. Juga Kepala Desa kami sering belanja ke Pasar Galuh dan uangnya itu dari hasil pasar juga. Jadi jelasnya setiap belanja, Kepala Desa itu menggunakan pemasukan untuk desa dan dijadikan pemasukan pribadi. Masih banyak lagi sikap Kepala  Desa kami yang menyakiti hati rakyatnya,” ungkap Diki.

Warga Desa Luragung PS.jpgSementara, Camat Luragung yang memfasilitasi audiensi tersebut mengatakan bahwa pihaknya sudah mencoba untuk menghubungi Kepala Desa agar bisa hadir. Akan tetapi dikarenakan kondisi kesehatannya terganggu maka Kepala Desa tidak bisa hadir.

Bahkan kepada MP pun sudah dibuat surat pemanggilan untuk Kepala Desa Luragung Landeuh terkait kepemimpinannya, “Barusan saya ditelepon Bupati untuk segera menyelesaikan permasalahan ini. Dan saya juga sudah melaporakan kondisi dan keinginan masyarakat Luragung Landeuh,” jelas Beni.

Permohonan maaf pun terlontar dari Sekretaris Desa (Sekdes) Luragung Landeuh kepada masyarakat dikarenakan pihaknya tidak bisa menghadirkan Kepala Desa.

“Kami sudah mengingatkan Kepala Desa agar bisa hadir. Karena ini ada permasalahan yang harus diterima langsung oleh Kepala Desa dan tidak bisa diwakili,” ujar Sekdes.

Sekdes pun menjelaskan bahwa pihaknya juga merasa cape dalam menghadapi permasalahan Galian C ini, “Tugas kami bukan hanya mengurusi masalah ini saja. Akan tetapi banyak pekerjaan kami dalam melayani masyarakat dan kami juga telah menyatakan sikap menolak untuk Galian C,” pungkas Sekdes. (Abel Kiranti)

2 months ago, by BingkaiWarta
Category : BERITA PILIHAN, SOSPOLHUKAM

Kontak Informasi BingkaiWarta.com

Redaksi : redaksi[at]bingkaiwarta.com
Iklan : iklan[at]bingkaiwarta.com










Berita Terkini

Categories