6,335
Thursday, 03 November 2016 19:49 (3 tahun yang lalu)    Tulis Komentar

Warga Desa Seputar Gunung Ciremai Bersikukuh Tolak Geothermal

Warga Desa Seputar Gunung Ciremai Bersikukuh Tolak Geothermal

Bingkaiwarta, KUNINGAN - Ratusan masyarakat yang tinggal di seputar gunung Ciremai, dari sisi wilayah utara, tengah dan selatan, seperti Desa Seda, Kecamatan Mandirancan, Desa Sidamulya, Desa Sukamukti, Kecamatan Jalaksana, Desa Pajambon, Kecamatan Kramatmulya, hingga Desa Cisantana, Kecamatan Cigugur lakukan aksi penolakan rencana pengolahan Energi panas bumi (atau energi geothermal) di halaman Pendopo Kabupaten Kuningan, Kamis (03/11).

Masyarakat yang larut bersama para aktivis Gerakan Massa Pejuang Rakyat (Gempur) tersebut tampak bersikukuh agar pemerintah Kabupaten Kuningan tegas menolak rencana pemerintah pusat untuk melakukan pengolahan geothermal wilayah kerja pertambangan (wta) gunung Ciremai, dan mendesak untuk dibubarkannya Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC).

Seperti diungkapkan Sukadi, perwakilan dari pengunjuk rasa, yang menganggap eksploitasi gunung Ciremai bisa berdampak menyengsarakan rakyat, karena menurutnya akan banyak lahan pertanian yang akan tergusur.

“Kami minta pemerintah harus tegas, jangan plin plan dalam mengambil sebuah kebijakan. Karena, sekali saja salah mengambil kebijakan, seperti contohnya TNGC, kan sekarang terbukti, banyak masyarakat yang dirugikan,” ucapnya.

Dan yang membuat mayarakat heran, kata dia, adalah sikap Bupati Kuningan Acep Purnama, “Dulu saat dia masih menjabat Wakil Bupati Kuningan, jelas-jelas menolak geothermal, tapi sekarang kok malah menyetujui. Namun, itu tidak akan mengubah sikap kami, untuk tetap menolak,” terangnya.

Sementara, Sekda Kuningan Yosep Setiawan yang mewakili Bupati Kuningan saat menemui ratusan massa pendemo meminta agar masyarakat bisa bersabar, karena mekanismenya ada di pemerintahan pusat, “Kami tentunya akan menampung aspirasi masyarakat yang hari ini datang melakukan aksi penolakan, dan kami berharap mereka bersabar, serta bersama mengkaji perihal ini, karena kegiatan pengolahan geothermal adalah kebijakan pemerintahan pusat,” bebernya. (Tatang Budiman) 

 

 

tolak geothermal geothermal kuningan geothermal ciremai gunung ciremai apa itu geothermal

Komentar

Berita Terkait