316
Sunday, 26 July 2020 19:38 (1 minggu yang lalu)    Tulis Komentar

Warga Trusmi Kulon Dibuat Kaget, Ratusan Orang Diswab Massal

Warga Trusmi Kulon Dibuat Kaget, Ratusan Orang Diswab Massal

Bingkaiwarta, CIREBON – Sekitar 107 warga Desa Trusmi Kulon, Kecamatan Plered, Kabupaten Cirebon dilakukan swab test masal oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Cirebon yang berlangsung di Balai Desa Trusmi Kulon, Minggu (26/7/2020).

Menurut seorang petugas Dinkes, swab test massal tersebut dimulai sejak pukul 09.00 WIB. Hingga pukul 11.30 WIB masih banyak warga yang melakukan swab massal.

“Warga yang diswab test ini terutama yang berdekatan dengan warga yang terpapar pasien positif Covid-19, atau yang pernah berkontak langsung dengan pasien positif,” ungkapnya.

Terpisah, Ketua BPD Trusmi Kulon, Priyono mengatakan, banyaknya warga yang terpapar positif Covid-19 di desanya sangat mengagetkan karena sebelumnya Desa Trusmi Kulon tidak ada indikasi masifnya penyebaran Covid-19.

Priyono mengungkapkan, kasus ini berawal saat ada seorang warganya sakit di Semarang dan dijemput keluarganya. Warga tersebut kemudian dibawa  pulang dan dirawat di RS Mitra Plumbon. Dua hari di rumah kepulangan dari rumah sakit, warga tersebut sakit lagi dan dirawat di RS Permata, Cirebon.

“Saat mau pulang, pihak RS Permata menahannya karena ada indikasi si pasien terkonfirmasi positif Covid-19, dan kemudian dirujuk ke RSUD Gunung Jati,” katanya.

Diketahui pasien positif Covid-19, seluruh keluarga pasien dilakukan swab test yang ternyata positif. “Dari 21 orang termasuk perangkat desa, diketahui yang positif sebanyak 15 sehingga total jadi 16 orang terpapar postif, termasuk pasien utama yang sudah dirawat di RS Gunung Jati. Kemudian mereka yang terkonfirmasi positif ini dirujuk ke RS Arjawinangun dan RS Waled,” terang Priyono.

Terkait perangkat desa yang terpapar Corona karena pasien positif itu merupakan adik misan Kuwu Desa Trusmi Kulon saat menjenguk ke RS Permata yang diantar Kuwu Trusmi Kulon.

“Jadi diduga para aparat desa yang terkonfirmasi positif Covid-19 ini saat menjenguk pasien di RS Permata, termasuk juga pak kuwu kena,” kata dia.

Diberitakan sebelumnya, sebanyak 16 warga di Desa Trusmi Kulon Kecamatan Plered, terpapar positif corona. Kabar tersebut sudah beredar dan viral di media sosial. Dari kabar yang beredar, disebutkan kalau para pasien terpapar itu sudah diantarkan ke RS Arjawinangun, Sabtu (25/7/2020).

Dikonfirmasi terpisah, Kabag Humas Pemkab Cirebon, Nanan, mengatakan, pihaknya masih menunggu keterangan resmi dari Gugus Tugas Covid 19 Pemkab Cirebon. Dirinya mengaku belum mengetahui secara jelas terkait kebanaran kabar tersebut.

“Untuk validitas kebenaran informasinya agar menunggu laporan resmi update harian dari gugus tugas,” ucapnya. (Abel Kiranti/Irgun)

Trusmi Trusmi Kulon Plered swab test masa Dinas Kesehatan Kabupaten Cirebon

Komentar

Berita Terkait