249
Saturday, 09 January 2021 19:08 (1 minggu yang lalu)    Tulis Komentar

Waspada Masih Banyaknya Pencurian Data Nasabah Perbankan

Waspada Masih Banyaknya Pencurian Data Nasabah Perbankan

Oleh : Reyhan Muhamad Chaidar Qois
(Mahasiswa Universitas Jenderal Soedirman, Jurusan Manajemen Internasional)
 
 
Menabung di bank adalah suatu hal yang dilakukan oleh masyarakat agar uang tersebut tersimpan dengan aman dan praktis karena bisa diambil kapanpun. Di era sekarang pengguna bank sangat banyak karena mempermudah masyarakat untuk menabung dan membayar, bahkan teknlogi pembayaran secara online sudah diterapkan oleh bank. 
 
Beberapa waktu ini, banyak kasus pencurian data para nasabah bank yang cukup meresahkan dan merugikan bagi nasabah bank. Pencurian data tersebut terjadi pada bank milik pemerintah dan swasta yang sudah besar dan seharusnya data-data tersebut tersimpan dengan baik. Modus yang paling banyak terjadi pencurian data nasabah, yaitu dengan cara skimming.
 
Skimming adalah tindakan pencurian data informasi kartu baik debit maupun kredit dengan menyalin informasi yang terdapat pada strip magnetik kartu tersebut. Modus yang lainnya adalah SIM swap yaitu penggantian SIM card ditempat operator selular. Seseorang yang berniat jahat bisa saja mengambil SIM card kita lalu menggunakannya untuk hal lain.
 
Untuk meminimalisir modus-modus tersebut salah satu bank pemerintah meminta pihaknya untuk meningkatkan keamanan nasabah ketika bertransaksi secara online. Cara lainnya adalah memberikan edukasi kepada nasabah melalui media cetak, elektronik, SMS, dan melakukan update sistem secara berkala.
 
Mengantisipasi pencurian data sebagai nasabah bank bisa dilakukan dengan beberapa cara yaitu menjaga kerahasiaan PIN anda, menjaga smartphone anda agar tidak hilang, berhati-hati dengan permintaan data diri anda karena banyaknya penipuan, dan cara menghindari pencurian data skimming dengan mengganti kartu debit anda dari teknologi pita magnetik menjadi kartu teknologi cip sehingga lebih aman. Berhati-hatilah menggunakan kartu bank anda. 
Pencurian Data Perbankan Kuningan

Komentar

Berita Terkait